Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/75062
Title: Upaya meningkatkan peran minat belajar siswa dengan menggunakan metode ceramah dan media komik
Authors: Umar HMS
Murtiningsih
KUSWANTINI, Endah
Keywords: Metode ceramah
Media komik
Issue Date: 24-Jun-2016
Abstract: Rendahnya minat belajar siswa dalam proses belajar rnengajar dikarenakan guru masih rnenggunakan metode ceramah tanpa disertai media pengajaran yang menarik. Oleh karena itu guru harus berusaha untuk meningkatkan minat belajar siswa dengan menggunakan metode ceramah serta media pengajaran yang menarik, salah satunya adalah komik. Karena komik merupakan salah satu bacaan yang sangat digemari oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa dengan menggunakan metode ceramah dan media komik. Jenis penelitian ini adaJah penelitian tindakan kelas yang dilakukan di SMP Negeri 4 Jember. Responden penelitian ini ditentukan secara purposive sampling yaitu kelas VII-B sebanyak 48 orang. Metode pengumpulan data menggunakan rnetode observasi, metode dokumentasi, dan metode wawancara. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang mana tiap-tiap siklus terdiri dari 4 fase yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa minat belajar siswa kelas VII-B semester l tahun ajaran 2004/2005 pada mata pelajaran ekonomi pokok bahasan "Kebutuhan Manusia dan Keterbatasan umber Daya" meningkat dari rendah menjadi tinggi. Sebelum diterapkan metode ceramah dan media komik, minat belajar siswa termasuk dalam kriteria rendah dengan skor rata-rata 2,39. Setelah diterapkan metode ceramah dan media komik, minat belajar siswa meningkat dengan skor rata-rata 3,03 pada siklus I dan pada siklus II skor rata-rata rninat belajar siswa adalah 3.48.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/75062
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Endah Kuswantini 990210301149_.pdf16.37 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools