Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/74407
Title: Pengaruh Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar IPA Pokok Bahasan Sifat dan Perubahan Wujud Benda Siswa Kelas IV SDN Ambulu 01 Jember
Authors: Agustiningsih
Nuriman
Dwi Andriyanti
Nuriman
Agustiningsih
Keywords: metode eksperimen, hasil belajar.
Issue Date: 2016
Publisher: UNEJ
Abstract: IPA adalah suatu ilmu pengetahuan yang diperoleh melalui pengamatan sesuai dengan prosedur yang tepat. Metode eksperimen merupakan salah satu metode yang sesuai diterapkan untuk mencapai tujuan pembelajaran IPA yaitu mengembangkan keterampilan proses untuk menyelidiki alam sekitar, memecahkan masalah dan membuat keputusan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode eksperimen terhadap hasil belajar IPA pokok bahasan sifat dan perubahan wujud benda siswa kelas IV SDN Ambulu 01 Jember. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas IVA dan IVB SDN Ambulu 01 Jember. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes. Hasil belajar siswa berupa skor hasil pre-test dan post-test yang dianalisis dengan menggunakan rumus uji-t. Hasil analisis dengan rumus uji-t diperoleh= 4,408 dengan keefektifan relatif sebesar 45,58%. Hasil penghitungan tersebut menunjukkan bahwa > (4,408 > 1,680), dengan demikian hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi ada pengaruh penggunaan metode eksperimen terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Ambulu 01 Jember diterima. Berdasarkan penjelasan di atas dapat simpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan metode eksperimen terhadap hasil belajar IPA pokok bahasan sifat dan perubahan wujud benda siswa kelas IV SDN Ambulu 01 Jember.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/74407
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
DWI ANDRIYANTI.odt457.73 kBOpenDocument TextView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.