Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/74343
Title: TINGKAT HARAPAN MASYARAKAT TERHADAP BIDANG KESEHATAN DI KABUPATEN JEMBER (Studi Kasus Tingkat Harapan Masyarakat terhadap Puskesmas di Kabupaten Jember)
Authors: Indrayani, Reny
Ma'rufi, Isa
Khoiri, Abu
Keywords: puskesmas
kinerja
harapan
Issue Date: 30-May-2016
Abstract: Puskesmas merupakan unit pelaksana teknis Dinas Kesehatan yang memiliki tanggung jawab untuk menyelenggarakan pembanguan kesehatan di wilayah kerjanya. Sebagai pusat penggerak pembangunan bidang kesehatan, puskesmas juga didorong untuk selalu meningkatkan kinerjanya. Salah satu tolak ukur yang dapat digunakan puskesmas untuk peningkatan kinerjanya adalah harapan masyarakat terhadap pelayanan yang diselenggarakan puskesmas. Dengan mengetahui seberapa besar harapan masyarakat terhadap puskesmas, maka akan lebih mudah bagi pemerintah dalam mewujudkan kepuasan masyarakat khususnya di bidang kesehatan. Tujuan penelitian ini adalah mengukur tingkat harapan masyarakat terhadap kinerja puskesmas berdasarkan reliability, responsiveness, assurance, emphathy, tangibles, assesibility, availability, continuity, keuangan, humanitas, ketersediaan informasi, dan kenyamanan lingkungan, serta kompetensi petugas. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif. Harapan masyarakat pada penelitian ini dibagi menjadi 5 kategori yakni: Sangat rendah, rendah, biasa saja, tinggi, dan sangat tinggi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa harapan masyarakat terhadap pelayanan puskesmas berada pada level tinggi.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/74343
ISSN: 1829-7773
Appears in Collections:LSP-Jurnal Ilmiah Dosen

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Reny I, Isa M, Abu K_Tingkat Harapan Masyarakat_(FKM).pdf160.28 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.