Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/74281
Title: | Peningkatan Kemampuan Membaca Anak Kelompok B3 melalui Media Paper Quilling di TK Kartika IV/73 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016 |
Authors: | Misno A. Lathief Khutobah Chusnul Wardani Apriyanti, Misno A. Lathief, Khutobah Chusnul Wardani Apriyanti Misno A. Lathief Khutobah |
Keywords: | media paper quilling, kemmapuan membaca anak, hasil belajar. |
Issue Date: | 2016 |
Publisher: | UNEJ |
Abstract: | Penelitian dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca anak kelompok B3 di TK Kartika IV/73 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Rumusan masalahnya adalah bagaimanakah peningkatan kemampuan membaca anak kelompok B3 melalui media paper quilling di TK Kartika IV/73 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Tujuan penelitian adalah meningkatkan kemampuan membaca anak kelompok B3 melalui media paper quilling di TK Kartika IV/73 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B3 TK Kartika IV/73 sejumlah 19 anak yang terdiri dari 14 anak laki-laki dan 5 anak perempuan Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan sebanyak dua siklus, tiap siklus terdiri dari: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara, tes lisan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mengalami peningkatan, yakni pada siklus I sebesar 64,80 dan siklus II mencapai 78,95. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa media paper quilling meningkatkan kemampuan membaca anak. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/74281 |
Appears in Collections: | SRA-Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
CHUSNUL WARDANI A.odt | 261.98 kB | OpenDocument Text | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.