Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/72663
Title: PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) BERBANTUAN ALAT PERAGA PETA DAN GLOBE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV POKOK BAHASAN PETA DAN KOMPONENNYA DI SDN SUMBERSARI 01 JEMBER
Authors: Rahayu
Sihono
Wihanda, Yulia
Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif
Numbered Heads Together (NHT)
Alat Peraga Peta Dan Globe
Hasil Belajar Siswa Kelas IV
Issue Date: 28-Jan-2016
Abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah yang tergambar pada tempat penelitian SDN Sumbersari 01 Jember yakni pembelajaran di kelas hanya dilakukan dengan metode ceramah dan penugasan, penggunaan alat peraga yang tidak dimanfaatkan secara maksimal, tidak pernah dipergunakannya model pembelajaran yang menarik seperti NHT di tempat yang bersangkutan, siswa kurang interaktif dalam kegiatan proses belajar mengajar, kurangnya interaksi sosial yang bersifat positf yang terjadi antar siswa selama proses belajar mengajar. Berdasarkan permasalahan diatas maka, dilakukan penelitian dengan rumusan masalah bagaimanakah pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) berbantuan alat peraga peta dan globe terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN Sumbersari 01 Jember, sehingga tujuan dari diadakannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada/tidaknya pengaruh yang terjadi setelah dipergunakannya model pembelajaran NHT terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN Sumbersari 01 Jember. Jumlah sampel penelitian yakni kelas IVA 38 siswa dan kelas IVB 37 siswa. Pemilihan kelas kontrol dan eksperimen dilakukan dengan teknik cluster random sampling (diundi secara acak). Berdasarkan hasil acak, kelas IVA dipilih sebagai kelas kontrol dan kelas IVB dipilih sebagai kelas eksperimen. Penelitian eksperimen dilaksanakan tanggal 26 Agustus 2015 hingga 16 September 2015. Analisis data yang dipergunakan dalam penelitian eksperimental ini yaitu uji-t untuk subjek terpisah sebab keadaan kedua kelas yang terpisah yakni kelas A dan kelas B. Uji -t mempergunakan beda nilai pre-test dan post-test dengan jumlah siswa kelas IVA 38 Siswa dan kelas IVB 37 siswa. Hasil perhitungan uji-t nilai pre-test dan post-test menggunakan SPSS 16.00 yakni diperoleh angka 2,9 dengan derajat kebebasan (db) 73 senilai 2,00. Hal ini menunjukkan bahwa thitung > ttabel (2,9 > 2,00). Hal tersebut menunjukkan bahwa Ha diterima yaitu, ada pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) berbantuan alat peraga peta dan globe terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN Sumbersari 01 Jember Kesimpulan dari penelitian ini ialah ada pengaruh signifikan antara penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) berbantuan alat peraga peta dan globe dengan hasil belajar siswa kelas IV SDN Sumbersari 01 Jember tahun ajaran 2015/2016. Pengaruh lainnya juga dapat dilihat dari keaktifan siswa yang tidak dianalisis dalam peneitian ini melainkan hanya digunakan sebagai penunjang proses penelitian untuk dokumentasi ketika menjawab pertanyaan dan pemberian tugas serta kuis dengan persentase selisih hasil belajar pre-test dan posttest kelas eksperimen sebesar 14,95% dan persentase selisih hasil belajar pre-test dan post-test kelas kontrol sebesar 10,88%. Sumbangan efektif dari penggunaan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) berbantuan alat peraga peta dan globe yakni sebesar 4,07% dengan persentase keefektifan relatif kelas eksperimen sebesar 86,98% yang berarti tinggi. Salah satu saran yang berkaitan dengan penerapan model ini yaitu guru diharapkan mampu mengembangkan model dan metode-metode pembelajaran yang lebih variatif serta menyenangkan, agar tercipta kondisi belajar yang aktif dan lebih menyenangkan di dalam kelas, Pengadaan alat peraga selama proses pembelajaran juga sangat dibutuhkan agar siswa dapat lebih fokus dalam mengikuti proses pembelajaran. Hal dapat dijadikan acuan agar selanjutnya guru kelas dapat mempergunakan model-modelpembelajaran lain yang lebih menarik dan menyenangan agar siswa semakin aktif dan interaktif selama prose belajar mengajar berlangsung.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/72663
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Yulia Wihanda - 110210204071.pdf553.07 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools