Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/7222
Title: HUBUNGAN ANTARA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KOMPUTER DENGAN KECAKAPAN HIDUP ( LIFE SKILL) WARGA BELAJAR KEJAR PAKET C KELAS X DI SANGGAR KEGIATAN BELAJAR KABUPATEN BONDOWOSO TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Authors: Sandi Kurniawati Iftitah
Keywords: PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KOMPUTER, KECAKAPAN HIDUP ( LIFE SKILL)
Issue Date: 10-Dec-2013
Series/Report no.: 070210201126;
Abstract: Mengingat kemajuan dalam bidang ilmu dan teknologi membawa pengaruh cukup besar dalam bidang pendidikan termasuk Pendidikan Luar Sekolah, kehadiran teknologi dan informasi pada dasarnya mempertegas peran pendidikan non formal dalam jagad pendidikan nasional. Kemudahan mengakses layanan informasi tanpa dibatasi ruang dan kemampuan menjangkau kawasan yang tak terjangkau menjadikan pendidikan non formal sebagai alternatif melalui pemanfaatan teknologi informasi. Pembelajaran komputer perlu bagi warga belajar pendidikan luar sekolah salah satunya bagi warga belajar kejar paket C kelas X di Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Bondowoso agar memiliki kemampuan yang mantap dalam pelayanan komputer. Dimana bekal utama dalam kehidupan di era teknologi dan globalisasi saat ini yang dirasa sangat penting adalah kecakapan hidup atau sering disebut dengan life skill. Life skill adalah pendidikan yang memberikan kecakapan personal, kecakapan sosial, kecakapan intelektual, dan kecakapan vokasional untuk bekerja atau usaha mandiri. Berdasarkan latar belakang di atas, maka permasalahan penelitian dapat dirumuskan sebagai berikut, “adakah Hubungan Antara Pelaksanaan Pembelajaran Komputer Dengan Kecakapan Hidup (Life Skill) Warga Belajar Kejar Paket C Kelas X di Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Bondowoso Tahun Pelajaran 2010/2011?. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan antara pelaksanaan pembelajaran komputer dengan kecakapan hidup (life skill) warga ix belajar kejar paket c kelas x di sanggar kegiatan belajar kabupaten bondowoso tahun pelajaran 2010/2011. Dalam penelitian ini responden diambil dengan teknik purposive sampling. Berdasarkan kriteria yang ditentukan maka yang akan dijadikan responden dalam penelitian ini yaitu 15 Warga Belajar dari 24 Warga Belajar Kejar Paket C Kelas X di Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Bondowoso tahun pelajaran 2010/2011. Lokasi yang dijadikan tempat sebagai penelitian adalah di Unit Pelaksana Teknis Dinas Sanggar Kegiatan Belajar jalan Letnan Rantam nomor 01 Kabupaten Bondowoso. Sumber data dalam penelitian ini meliputi data primer dan data sekunder. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket, observasi, dan dokumentasi. Desain yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah penelitian korelasional. Teknik analisis data secara inferensial kuantitatif dengan korelasi tata jenjang.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/7222
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Sandi Kurniawati Iftitah_01.pdf806.93 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools