Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/71945
Title: PENERAPAN KOMBINASI METODE EKSPERIMEN DAN DISKUSI GUNA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG RANGKAIAN LISTRIK DASAR PADA SISWA KELAS VI DI SDN BUWEK RANDUAGUNG – LUMAJANG
Authors: Hariyadi, Slamet
KASIYANTO
Keywords: Kombinasi Metode Eksperimen
Diskusi
Issue Date: 22-Jan-2016
Abstract: Banyak faktor yang menentukan keberhasilan proses belajar mengajar, di antara faktor-faktor tersebut yang paling dominan adalah guru, siswa dan sarana buku penunjang. Dari faktor guru, hendaknya guru menguasai materi yang akan disampaikan, metode yang digunakan haruslah bervariasi, jika tidak maka tidak heran siswa bosan, jenuh dan mungkin malas untuk mengikuti pembelajaran, teknik pembelajaran yang monoton sehingga membuat siswa kurang menyenangi pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan akibatnya hasil belajar menjadi rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) meningkatkan aktivitas siswa dalam proses pembelejaran IPA / SAINS, khususnya pada materi rangkaian listrik dasar melalui penerapan kombinasi metode eksperimen dan diskusi, (2) meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA / SAINS tentang rangkaian listrik dasar melalui penerapan kombinasi metode eksperimen dan diskusi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Buwek Randuagung yang terdiri dari 24 siswa, 14 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Siswa dibagi menjadi 5 kelompok yang hiterogen. Penelitian ini menggunakan Penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan data melalui obeservasi, tes, dan dokumentasi teknis. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Deskriptif kualitatif untuk menganalisis data berupa observasi, dan dokumentasi, sedangkan deskriptif kuantitatif untuk menganalisis tes individu. Pengambilan data mulai dilakukan tanggal 25 Januari 2010 sampai 30 April 2010 dengan subjek penelitian siswa kelas VI SDN Buwek Kecamatan Randuagung Kabupaten Lumajang. Data yang dikumpulkan berupa aktifitas siswa, aktifitas guru, dan tes individu. Berdasarkan data yang telah diperoleh dari hasil observasi diketahui bahwa persentase aktivitas siswa selama pembelajaran rangkaian listrik dasar dengan menggunakan kombinasi metode eksperimen dan diskusi adalah: pada siklus I persentase hasil aktivitas siswa dengan kriteria baik sebesar 50%; siklus II sebesar 83%. Dari hasil tes akhir yang dilakukan siswa, terdapat 96% siswa mencapai nilai di atas KKM. Berdasarkan hasil tersebut diketahui bahwa persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal adalah 96%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan kombinasi metode eksperimen dan diskusi dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa kelas VI dalam pembelajaran IPA materi rangkaian listrik dasar di SDN Buwek Randuagung – Lumajang.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/71945
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
KASIYANTO.pdf1.01 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools