Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/71577
Title: ANALISIS PENERAPAN TEORI ANTRIAN PADA SUPERMARKET ROXY SQUARE–MANDIRI LAND DI JALAN HAYAM WURUK JEMBER
Authors: Handriyono
Wahyono, Hadi
Wulandari, Dwi
Keywords: Kasir
Teori Antrian
Model antrian jalur berganda (M/M/S)
Pengoptimalan Pelayanan
Issue Date: 18-Jan-2016
Abstract: Pelayanan bagi perusahaan jasa adalah hal penting yang harus diperhatikan, kesan baik atau buruknya suatu pelayanan jasa dapat dilihat dari segi kinerja para karyawan dan jasa yang dihasilkan. Antrian adalah salah satu masalah kurang optimalnya pelayanan dari segi kinerja para karyawan. Penggunaan model antrian dapat membantu pihak manajemen dalam menentukan jumlah kasir yang optimal pada Supermarket Roxy Square Jember supaya masalah antrian dapat dikurangi pada saat ramai dan mengurangi waktu menganggur pada kasir sehingga pihak Supermarket Roxy Square Jember dapat memberikan kinerja yang optimal dalam pelayanan. Dalam penelitian ini digunakan analisis sistem antrian jalur berganda (M/M/S). Proses perhitungan data menggunakan program Exel. Berdasarkan hasil penelitian bahwa diketahui kinerja sistem antrian yang ada kurang optimal karena mempunyai tingkat kegunaan fasilitas yang rendah untuk kondisi sepi (jam 10.00- 12.00) banyaknya kasir optimal yang harus dibuka adalah 5 unit kasir dari 6 unit kasir, sedangkan Pada kondisi normal (jam 14.00-16.00) banyaknya kasir optimal yang harus dibuka adalah 7 unit kasir dari 6 unit kasir, dan Pada kondisi ramai (jam 18.00-21.00) banyaknya kasir optimal yang harus dibuka adalah 13 unit kasir dari 10 unit kasir.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/71577
Appears in Collections:UT-Faculty of Economic and Business

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Dwi wulandari -1.pdf633.44 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools