Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/71365
Title: ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS VII-B SMPN 1 JENGGAWAH DALAM MENYELESAIKAN MASALAH SUB POKOK BAHASAN ARITMETIKA SOSIAL MENURUT POLYA
Authors: Sugiarti, Titik
Kurniati, Dian
Pangestuti, Marlia Sari
Keywords: ANALISIS KESALAHAN SISWA
Issue Date: 13-Jan-2016
Abstract: Pembelajaran matematika mempunyai peran yang sangat penting. Salah satu tujuan pembelajaran matematika adalah mengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematis. Untuk menyelesaikan masalah, diperlukan langkah-langkah penyelesaian yang membutuhkan pemahaman dan penalaran. Salah satu model yang dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah adalah model Polya. Tahap-tahap penyelesaian model Polya yaitu: (1) memahami masalah, (2) membuat rencana, (3) melaksanakan rencana dan (4) memeriksa kembali. Kesalahan yang diteliti berkaitan dengan soal aritmetika sosial. Aritmetika sosial mempelajari tentang penjualan dan pembelian, untung dan rugi, bruto, tara, neto, diskon, pajak, dan bunga tunggal. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan kesalahan; mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan kesalahan; dan memberikan solusi dari penyebab kesalahan yang dilakukan siswa kelas VII-B SMPN 1 Jenggawah dalam menyelesaikan masalah sub pokok bahasan aritmetika sosial menurut Polya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pendeskripsian pada penelitian ini dilakukan dengan cara memberikan gambaran mengenai masing-masing jenis kesalahan, faktor penyebab kesalahan dan cara mengatasi kesalahan yang dilakukan siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 Jenggawah. Menurut data hasil validasi tes diperoleh bahwa tes tersebut valid dengan koefisien kevalidan 4,52. Soal tes tersebut dapat digunakan dengan beberapa revisi sesuai dengan saran yang telah diberikan validator. Berdasarkan hasil analisis jawaban soal tes dan hasil wawancara diperoleh deskripsi jenis-jenis kesalahan siswa yaitu kesalahan dalam memahami masalah yang ditemukan meliputi siswa tidak lengkap menuliskan hal yang diketahui dan hal yang ditanyakan, siswa langsung menyalin kalimat yang sama dari persoalan. Penyebabnya adalah siswa kurang teliti dalam membaca soal, siswa tidak dapat menuliskan data yang diketahui pada soal secara lengkap dan menyeluruh, siswa tidak dapat menuliskan maksud dari soal yang ditanyakan. Kesalahan dalam menyusun rencana yang ditemukan meliputi siswa tidak dapat menyusun langkahlangkah penyelesaian dengan tepat dari awal sampai akhir pengerjaan, siswa menyusun rencana tidak sesuai dengan permasalahan. Penyebabnya adalah siswa tidak terbiasa dalam menuliskan rencana yang akan digunakan dalam menyelesaikan soal. Kesalahan dalam melaksanakan rencana yang ditemukan meliputi siswa tidak menuliskan rumus yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan, siswa salah melakukan operasi hitung bilangan, siswa tidak menyelesaikan langkah-langkah sesuai dengan rencana yang disusun, dan siswa menuliskan kesimpulan tidak sesuai dengan permasalahan. Penyebabnya adalah siswa tidak terbiasa menuliskan rumus yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan, siswa tidak menyelesaikan soal yang diberikan sesuai dengan rencana yang telah disusun, siswa kurang teliti dalam melakukan perhitungan matematika untuk menyelesaikan permasalahan, siswa kurang hati-hati dalam menentukan kesimpulan terhadap permasalahan yang diberikan. Kesalahan dalam memeriksa yang ditemukan meliputi siswa salah menghitung, siswa tidak memeriksa kembali jawaban yang telah diperoleh, siswa tidak memperoleh jawaban akhir. Penyebabnya adalah siswa tidak terbiasa memeriksa hasil jawaban yang diperoleh, siswa tidak dapat memastikan kebenaran jawaban yang diperoleh. Sebaiknya peneliti mengajarkan terlebih dahulu kepada siswa sebelum penelitian
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/71365
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Marlia Sari Pangestu - 110210101087_Part1.pdf747.52 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools