Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/6996
Title: PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS III POKOK BAHASAN MENGENAL FUNGSI UANG SESUAI KEBUTUHAN MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STUDENTS TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DI SDN MANGLI 01 JEMBER
Authors: SUWARDI
Keywords: Hasil Belajar IPS, Uang, Students Team Achievement Division (STAD)
Issue Date: 10-Dec-2013
Series/Report no.: 070210204032;
Abstract: enis penelitian yang digunakan adalah Jenis Penelitian Tindakan kelas yang diterapkan pada siswa kelas III SDN Mangli 01 Jember yang berjumlah 33 siswa. Metode pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, dokumentasi dan metode tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada siklus 1 dan siklus 2 . Persentase ketuntasan siswa secara klasikal pada siklus I dan II adalah 75,76% dan 87,88%. Persentase ketuntasan siswa kelas III secara klasikal tersebut menunjukkan peningkatan yang sangat besar jika dibandingkan dengan nilai awal siswa yang hanya 33,33%. Nilai siswa tersebut diperoleh dari tes/kuis yang dilakukan oleh guru. Sedangkan untuk rata-rata nilai siswa kelas III juga mengalami peningkatan yang cukup baik, rata-rata awal nilai siswa menunjukkan 61,50% kemudian meningkat pada siklus I menjadi 68,78. Kemudian pada siklus II rata-rata nilai siswa mengalami peningkatan lagi yaitu meningkat menjadi 76,36. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan cooperative learning tipe Students Team Achievement Divisions (STAD) meningkatkan hasil belajar siswa kelas III pada mata pelajaran IPS pokok bahasan mengenal fungsi uang sesuai kebutuhan di SDN Mangli 01 Jember. Berdasarkan penelitian mengenai penerapan metode STAD maka dapat diberikan saran sebagai berikut; (a) Bagi guru, penerapan metode STAD dapat dijadikan salah satu alternatif metode untuk diterapkan di kelas dan juga sebagai motivasi bagi guru untuk menerapkan metodemetode yang bervariatif dalam pembelajaran. (b) Bagi peneliti lain, perlu pelaksanan penelitian lebih lanjut mengenai metode STAD serta mengkombinasikan dengan metode lain agar tujuan pembelajaran tercapai. (c) Dalam penerapan metode STAD maupun metode-metode lain sebaiknya semua siswa memahami langkah-langkah yang harus dilakukan dalam kegiatan agar pembelajaran berjalan baik dan lancar.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6996
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Suwardi.pdf191.1 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools