Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/68584
Title: FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT KESUKSESAN PERLUASAN MEREK PADA BARANG KONSUMSI (CONSUMER GOODS) DAN BARANG TAHAN LAMA (DURABLE GOODS) Di Jember (Studi kasus pada merek ABC dan Samsung)
Authors: Prasodjo, Adi
Sudaryanto
Atiq, Dinul
Keywords: KESUKSESAN PERLUASAN MEREK
BARANG KONSUMSI (CONSUMER GOODS)
BARANG TAHAN LAMA (DURABLE GOODS)
Issue Date: 23-Dec-2015
Abstract: Perluasan merek, yang menjadi fokus penelitian ini, menjadi fenomena menarik bagi perusahaan ketika mereka menghadapi kenyataan tingginya angka kegagalan dan besarnya biaya peluncuran produk baru. Perluasan merek menjadi strategi yang tepat ditengah ketatnya persaingan produk-produk baru. Penelitian yang dilakukan oleh Dinul Atiq, mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Jember, yang berjudul faktor-faktor yang mempengaruhi sikap konsumen pada perluasan merek barang konsumsi dan barang tahan lama bertujuan untuk mengetahui variabel-variabel apa saja yang mempengaruhi penerimaan konsumen pada perluasan merek, sekaligus juga untuk menganalisis variabel manakah yang paling dominan mempengaruhi sikap konsumen pada perluasan merek. Penelitian yang dirancang sebagai penelitian penjelasan (explanatory) ini dilakukan selama kurun waktu 5 bulan di Kotatif Jember. Produk yang diteliti adalah mie instan ABC dan saribuah ABC untuk jenis barang konsumsi serta monitor Samsung dan ponsel Samsung untuk jenis barang tahan lama. Dalam pengumpulan data, peneliti langsung menemui responden yang sebelumnya ditanya apakah pernah menggunakan produk yang akan diteliti. Data yang terkumpul dari 80 responden diolah dengan menggunakan metode analisis data analisis regresi linier berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel reputasi merek, kecocokan dan inovasi konsume secara bersama-sama mempunyai pengaruh terhadap sikap konsumen pada perluasan merek. Hal ini berlaku pada jenis barang konsumsi dan barang tahan lama. Sedangkan variabel yang paling dominan mempengaruhi sikap konsumen pada perluasan merek adalah reputasi merek. Hasil penelitian ini ternyata mendukung hasil penelitian Aaker dan Keller serta Hem, Leslie dan Inversen.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/68584
Appears in Collections:UT-Faculty of Economic and Business

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Dinul Atiq 960810201287.pdf77.53 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools