Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/68443
Title: Penerapan Strategi Pembelajaran Belajar Tuntas (Mastery Learning)
Authors: Sihono
Agustiningsih
Nindita Andri TP
Sihono
Agustiningsih
Keywords: Mastery Learning
Student Activities
Result Of Learning
Issue Date: 2015
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pokok bahasan proses daur air. Penelitian ini dilakukan di SDN Pancakarya 01 kelas V Semester Ganjil tahun ajaran 2012/2013 Jember menggunakan penelitian tindakan kelas. Metode pengumpulan data menggunakan perencanaan, pelaksanaan, observasi, wawancara dan refleksi. Pada siklus I rata-rata persentase aktivitas belajar siswa sebesar 54,47%, dan pada siklus II sebesar 81,04%. Hasil belajar IPA menggunakan strategi pembelajaran belajar tuntas juga mengalami peningkatan. Pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa sebesar 62,68, dan pada siklus II sebesar 65,89. Dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi belajar tuntas dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Pancakarya 01 Ajung Jember.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/68443
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
NINDITA ANDRI T P.pdf165.46 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.