Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/68439
Title: Pengembangan Paket Tes Berpikir Kreatif Matematis Tipe Problem Posing
Authors: Hobri
Arika Indah Kristiana
M. Hapiz Yulia Saputra
Hobri
Arika Indah Kristiana
Keywords: Berpikir Kreatif Matematis
Problem Posing
Issue Date: 2015
Publisher: UNEJ
Abstract: Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan berupa kisi-kisi tes, paket tes, alternatif jawaban, rubrik penskoran, dan angket berpikir kreatif. Paket tes yang dikembangkan terdiri atas 2 paket. Masing-masing paket terdapat 4 informasi. Setiap informasi berisi 3 perintah sesuai dengan indikator yang diinginkan, adapun indikator yang ingin dimunculkan yaitu kelancaran (Fluency), keluwesan (Flexibility), dan kebaruan (Originality). Prosedur pengembangan yang digunakan dalam panelitian ini adalah 4D-model. Sebelum paket tes ini diujikan, pertama-tama dilakukan penilaian oleh 3 validator. Dari hasil penilaian para ahli ini diperoleh koefisien validitas 0,9055 untuk paket A dan 0,9091 untuk paket B dengan interpretasi validitas sangat tinggi. Setelah paket tes dinyatakan valid maka dilakukan uji keterbacaan. Uji coba ini dilakukan oleh 6 siswa dengan cara mengoreksi kalimat yang digunakan dalam soal. Setelah uji keterbacaan, tahap selanjutnya adalah uji coba di kelas besar. Hasil dari uji coba kelas besar ini dianalisis secara kuantitatif. Analisis yang dilakukan adalah uji validitas, reliabilitas, uji daya beda, dan tingkat kesukaran. Hasil uji validitas pada paket A yaitu, 8 soal dengan validitas tinggi, 3 soal dengan validitas sedang, dan 1 soal dengan validitas sangat rendah. Pada paket A menunjukkan reliabilitas tinggi dengan koefisien 0,69854. Hasil analisis daya beda pada paket A menunjukkan 7 soal dengan kategori cukup dan 5 soal dengan kategori jelek. Hasil analisis tingkat kesukaran menunjukkan 7 soal dengan level sedang dan 5 soal dengan level sukar. Hasil analisis data pada paket B diperoleh 1 soal dengan validitas sedang, 9 soal dengan validitas tinggi, dan 2 soal dengan validitas sangat tinggi. Reliabilitas untuk paket B menunjukkan interpretasi sangat tinggi dengan nilai 0,8413. Hasil analisis tingkat kesukaran menunjukkan 7 soal dengan level sukar dan 5 soal dengan level sedang. Hasil analisis daya beda menunjukkan 2 soal dengan kategori jelek, 6 soal dengan kategori cukup, dan 4 soal dengan kategori baik. Pada penelitian ini hanya dilakukan satu kali uji coba karena faktor terbatasnya waktu uji coba, tetapi dari hasil analisis masing-masing paket maka dapat disimpulkan bahwa paket tes ini sudah dapat digunakan.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/68439
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
M. HAPIZ YULIA SAPUTRA.pdf505.26 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.