Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/68413
Title: | Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) |
Authors: | HARIANI, Sulifah Aprilya SURATNO YUNANDASARI, Febry Dwi SURATNO HARIANI, Sulifah Aprilya |
Keywords: | PROBLEM BASED LEARNING (PBL), OPEN-ENDED PEMECAHAN MASALAH HASIL BELAJAR |
Issue Date: | 2015 |
Publisher: | UNEJ |
Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran biologi menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan assessment tipe soal open ended di kelas X2 SMA Negeri 1 Pesanggaran tahun pelajaran 2014/2015. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Rancangan penelitian tindakan kelas berbentuk spiral dari siklus yang satu ke siklus berikutnya. Tahapan satu siklus meliputi: perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Data yang diperoleh dianalisis dengan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan keterampilan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran biologi dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan assessment tipe soal open ended di kelas X2 SMA Negeri 1 Pesanggaran tahun pelajaran 2014/2015. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/68413 |
Appears in Collections: | SRA-Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
FEBRY DWI YUNANDASARI.pdf | 282.25 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.