Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/68229
Title: Evaluasi Saluran Distribusi Yang Digunakan Pada UD. Mahabah Super Di Jember
Authors: A. P. Riady
Apriono, Markus
Kuntara, Made Windu
Keywords: Saluran Distribusi
Issue Date: 21-Dec-2015
Abstract: Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui kontribusi laba dari masing-masing saluran distribusi yang digunakan oleh perusahaan, untuk mengetahui tingkat resiko dan masing-rnasing saluran distribusi dan untuk mengetahui saluran distribusi mana yang sebaiknya dikembangkan untuk masa yang akan datang. Penelitian ini dilakukan di UD.Mahabah Super di Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember, penelitian ini dilakukan selama satu bulan. Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian survei, dirnana penelitian survei dianggap metode penelitian yang paling sesuai. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian survei ini adalah metode Interview (wawancara), Observasi (pengarnatan), dan studi kepustakaan. Sedangkan jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder untuk mendukung hasil penelitian. Dari hasil penghitungan ROI diatas saluran distribusi Produsen - Agen - Sub Agen - Konsumen mempunyai rata-rata ROI sebesar 0.13 atau 13%, sedangkan saluran distribusi Produsen - Agen - Pengecer - Konsumen mernpunyai rata-rata ROI sebesar 0.12 atau 12%, dan saluran distribusi Produsen - Pengecer - Konsumen mempunyai rata­ rata ROT sebesar 0,15 atau 15%. j adi sai uran distribusi Produsen - Pengecer - Konsumen mernpunyai rata-rata ROT yang paling tinggi yaitu sebesar 0,15 atau 15% sedangkan saluran distribusi Produsen - Agen -Pengecer - Konsumen mempunayi rata-rata ROl yang paling rendah yaitu sebesar 0,12 atau 12%. Dari perhitungan Coeficient a/Variation (CV) diatas saluran distribusi Produsen­ Agen - SubAgen - Konsumen mempunyai CV sebesar 2,72% sedangkan sai uran distribusi Produsen - Agen - Pengecer - Konsumen mempunyai CV sebesar 2,79% dan saluran distrihusi Produsen - Pengecer - Konsumen mempunyai CV sebesar 2,71 %. Jadi saluran distribust dari Produseu - Agen - Pengecer - Konsurnen merupuuyai CV terbesar yaitu 2,79% yang berarti bahwa saluran distribusi ini mempunyai resiko yang paling besar, sedangkan saluran distribusi dari Produsen - Pengecer - Konsumen meuipunyai CV yang paling kecil yaitu sebesar 2,71 % yang berarti bahwa saluran distribusi ini mempunayi resiko yang paling kecil. Dari hasil evaluasi saluran distribusi yang digunakan pada perusahaan jamu UD.Mahabah Super maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut berdasarkan kriteria ekonomis ternyata saluran distribusi yang memberikan kontribusi laba yang paling tinggi auaiah salut an Jisll ibusi Produseu - Peugecer - KOi"lSUmen (0. i:) aiau i):',;(»).SedangK,uL angka Coefisien 0/ Variation (CV) dan saluran distribusi Produsen - Pengecer Konsumen juga mempunyai angka yang terkecil (0.0271 atau 2,7l %). Dan hasii analtsis scoring maka diketahui saluran distribusi Produsen - Pcngecer - Konsumen yang layak dikembangkan untuk masa yang akan datang. HasiI scoring dari masing-masing saluran distribusi yang digunakAn adaiah saluran distribusi Produsen - Agen -SubAgen - konsumen 4, saluran distribusi Produsen - Agen Pengecer - Konsumen 2 dan .saluran distribusi Produsen - Pengecer - Konsumen 6.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/68229
Appears in Collections:UT-Faculty of Economic and Business

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Made Windu Kuntara D1B195-246.pdf77.49 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools