Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/67692
Title: PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN BERDASARKAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI SIKAP KONSUMEN UNTUK MENGINAP PADA MALANG REGENT'S PARK HOTEL DI MALANG
Authors: Sularso, Andi
Priyono, Agus
Anugrayanti, Yusnita
Keywords: Strategi pemasaran
sikap konsumen
Issue Date: 17-Dec-2015
Abstract: Penelitian yang berjudul " PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN BERDASARKAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI SIKAP KONSUMEN UNTUK MENGINAP PADA MALANG REGENT'S PARK HOTEL DI MALANG " memiliki tujuan, yaitu untuk mengetahui factor-faktor apa saja "'yang mempengaruhi sikap konsumen untuk memanfaatkan jasa serta menginap di Malang Regent's Park Hotel serta faktor apakah yang paling dominan mempengaruhi sikap konsumen dalam memanfaatkan jasa serta menginap pada hotel tersebut. Kemudian merumuskan strategi pemasaran dan kebijakan apa yang lebih efektif untuk digunakan oleh Malang Regent's Park Hotel. Penelitian ini dilakukan pada salah satu hotel bintang tiga di kota Malang yang segmen pasarnya kelas menengah ke atas yaitu Malang Regent's park Hotel pada pertengahan bulan Juni 2000 sampai dengan bulan Juli 2000. Sedangkan metode analisis data yang digunkan adalah uji Chi Squre keofisien korelasi berganda koefisien korelasi partial. Ketiga metode tersebut adalah analisis kuantitatif yang mendukung analisis kualitatif yaitu analisis SWOT yang berguna untuk dasar dalam perumusan strategi pemsaran pada Malang Regent's Park Hotel. Adapun dalam penelitian ini digunakan penelitian survey, yaitu penelitian yang mengambil sampel dari suatu populasi dan menggunakan kuisioner sebagai alat pengumpulan data pokok. Sifat penelitian ini adalah penelitian penjelasan (explanatory research) karena dalam penelitian ini menjelaskan hubungan kausal antar variabel melalui pengujian hipotesis. Dengan menggunakan metode analisis data baik secara kuantitatif, diperoleh basil perhitungan faktor-faktor yang mempengaruhi sikap konsumen untuk menginap di hotel tersebut, yaitu faktor harga, pelayanan, lokasi serta faktor promosi. Adapun faktor yang paling dominan dominan adalah faktor pelayanan. Kemudian dilakukan analisis secara kualitatif untuk memcari kekuatan dan kelemahan yang dimiliki oleh hotel tersebut dan mencari peluang dan ancaman yang bisa terjadi ataupun sudah mengancam untuk dirumuskan strategi yang paling efektif untuk mengatasi situasi yang sedang dihadapi oleh hotel tersebut. Setelah dilakukannya penelitian dengan menggunkan analisis kuantitatif, diperoleh hasil bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi sikap konsumen untuk memanfaatkan jasa hotel tersebut adalah faktor harga, pelayanan, lokasi dan promosi. Faktor dominannya adalah faktor pelayanan. Hal ini sangatlah wajar karena konsumen semakin pintar didalam melakukan tindakannya. Konsumen lebih menyukai produk atau j asa yang memberikan nilai tambah dan kepuasan. Dan hal tersebut diperoleh dari pelayanan yang diberikan oleh produsen. Pelayanan dapat menjadi peluang yang baik untuk meningkatkan penjualan serta menjaga kelangsungan hidup suatu perusahaan.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/67692
Appears in Collections:UT-Faculty of Economic and Business

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Yusnita Anugrayanti 960810201153.pdf92.2 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools