Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/6656
Title: | Studi Deskriptif Imptementasi Kurikulum Satuan Pendidikan (KTSP) di Wilayah Eks Karesidenan Besuki |
Authors: | Sujito Bambang Suyadi Lutfi Rohman |
Keywords: | Studi Deskriptif |
Issue Date: | 9-Dec-2013 |
Publisher: | FMIPA '09 |
Abstract: | Telah diyakini bahwa pergantian kurikulum pendidikan merupakan jawaban :'::.s,fap kebutuhan masyarakat dan perkembangan ilmu pengetahuan teknologi dan ..- \amun demikian, kenyatannya hal tersebut dapat menimbulkan sejumlah :,;-:::,:alahan. Kondisi ini terlihat ketika penerapan Kurikulum Berbasis Kompetensi r-ts(r belum seluruh sekolah di Indonesia tuntas menerapkannya, pada tahun 2006 ,r-(.;^h harus muncul Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Kondisi ini amat -::ringungkan bagr guru utamanya Buru, khususnya guru-guru di Sekolah Dasar (SD) :"-- Sekolah Menengah Pertama (St P). Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang rr.r:irrrentaSi KTSP pada jenjang pendidikan SMP di Kabupaten Jember, Bondowoso, " -:.:rdo. dan Banyuwangi yang merupakan Wilayah Eks Karesidenan Besuki. Untuk *.-::lai rujuan tersebut digunakan metode deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Sampel :,r:;,iiian yang merupakan SMP Negeri maupun Swasta perkotaan dan'pedesaan di .-;r.: -3ilen Jembeq Bondowoso, Situbondo dan Banyuwangi ditentukan dengan teknik " , ":,.,-rrl'e randam sampling. Berdasarkan temuan yang diperoleh dari pengamatan empirik dapat : n:::,;liakan beberapa simpulan berikut. Pertama, elemen-elemen KTSP belum r-::iementasi dengan baik yakni (a) penyusunan pengembangan KTSP, (b) -,:* iinl,angan silabus, (c) pengembangan diri, (d) pembelajaran terpadu, (e) -r-;.ilbangan muatan lokal, (f) penyusunan rancangan penilaian hasil belajar, (g) :(r.,---\unan laporan peserta didik. Kdua, proses belajar mengajar yang berlangsung -rrr.i::r menggunakan KTSP di Eks Karesidenan Besuki dilaksanakan sesuai dengan :- - i :-prinsip dasar pedagogi modern dan yang mengutamakan pentingnya :n:*;T:;3":raan, pelaksanaan, dan evaluasiyang tepat. Hal ini dapat diindikasikan dari (l) r , t';x.tr,a'pirr persiapan mengajar guru (Rencana Program Pembelajaran/skenario :r::::r,aiaran), bahan ajar (Lembar Kegiatan Siswa), serta media yang digunakan guru *- -**. :::elaksanakan kegiatan pembelajaran; (2) kesesuaian pembelajaran dengan r:'-.ri.- cembelajaran dan bervariasinya metode pembelajaran yang digunakan oleh ;"-;r-- jar (3) ketepatan dalam pemberian tugas, pemanfaatan sumber belajar, dan :ri,r-:ii*:ii*?n perangkat evaluasi yang tepat untuk mendapatkan umpan balik dari siswa. r;- iari perspektif kualitas masih dibutuhkan pembimbingan. |
Description: | Info lebih lanjut hub: Lembaga Penelitian Universitas Jember Jl. Kalimantan No.37 Jember telp. 0331-339385 Fax. 0331-337818 |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6656 |
Appears in Collections: | LRR-Hibah Peneitian Lain-lain |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Sujito.pdf | 2.67 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.