Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/6656
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSujito-
dc.contributor.authorBambang Suyadi-
dc.contributor.authorLutfi Rohman-
dc.date.accessioned2013-12-09T04:22:18Z-
dc.date.available2013-12-09T04:22:18Z-
dc.date.issued2013-12-09-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6656-
dc.descriptionInfo lebih lanjut hub: Lembaga Penelitian Universitas Jember Jl. Kalimantan No.37 Jember telp. 0331-339385 Fax. 0331-337818en_US
dc.description.abstractTelah diyakini bahwa pergantian kurikulum pendidikan merupakan jawaban :'::.s,fap kebutuhan masyarakat dan perkembangan ilmu pengetahuan teknologi dan ..- \amun demikian, kenyatannya hal tersebut dapat menimbulkan sejumlah :,;-:::,:alahan. Kondisi ini terlihat ketika penerapan Kurikulum Berbasis Kompetensi r-ts(r belum seluruh sekolah di Indonesia tuntas menerapkannya, pada tahun 2006 ,r-(.;^h harus muncul Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Kondisi ini amat -::ringungkan bagr guru utamanya Buru, khususnya guru-guru di Sekolah Dasar (SD) :"-- Sekolah Menengah Pertama (St P). Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang rr.r:irrrentaSi KTSP pada jenjang pendidikan SMP di Kabupaten Jember, Bondowoso, " -:.:rdo. dan Banyuwangi yang merupakan Wilayah Eks Karesidenan Besuki. Untuk *.-::lai rujuan tersebut digunakan metode deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Sampel :,r:;,iiian yang merupakan SMP Negeri maupun Swasta perkotaan dan'pedesaan di .-;r.: -3ilen Jembeq Bondowoso, Situbondo dan Banyuwangi ditentukan dengan teknik " , ":,.,-rrl'e randam sampling. Berdasarkan temuan yang diperoleh dari pengamatan empirik dapat : n:::,;liakan beberapa simpulan berikut. Pertama, elemen-elemen KTSP belum r-::iementasi dengan baik yakni (a) penyusunan pengembangan KTSP, (b) -,:* iinl,angan silabus, (c) pengembangan diri, (d) pembelajaran terpadu, (e) -r-;.ilbangan muatan lokal, (f) penyusunan rancangan penilaian hasil belajar, (g) :(r.,---\unan laporan peserta didik. Kdua, proses belajar mengajar yang berlangsung -rrr.i::r menggunakan KTSP di Eks Karesidenan Besuki dilaksanakan sesuai dengan :- - i :-prinsip dasar pedagogi modern dan yang mengutamakan pentingnya :n:*;T:;3":raan, pelaksanaan, dan evaluasiyang tepat. Hal ini dapat diindikasikan dari (l) r , t';x.tr,a'pirr persiapan mengajar guru (Rencana Program Pembelajaran/skenario :r::::r,aiaran), bahan ajar (Lembar Kegiatan Siswa), serta media yang digunakan guru *- -**. :::elaksanakan kegiatan pembelajaran; (2) kesesuaian pembelajaran dengan r:'-.ri.- cembelajaran dan bervariasinya metode pembelajaran yang digunakan oleh ;"-;r-- jar (3) ketepatan dalam pemberian tugas, pemanfaatan sumber belajar, dan :ri,r-:ii*:ii*?n perangkat evaluasi yang tepat untuk mendapatkan umpan balik dari siswa. r;- iari perspektif kualitas masih dibutuhkan pembimbingan.en_US
dc.description.sponsorshipPENELITIAN P2K2_2009en_US
dc.publisherFMIPA '09en_US
dc.subjectStudi Deskriptifen_US
dc.titleStudi Deskriptif Imptementasi Kurikulum Satuan Pendidikan (KTSP) di Wilayah Eks Karesidenan Besukien_US
Appears in Collections:LRR-Hibah Peneitian Lain-lain

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Sujito.pdf2.67 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.