Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/66488
Title: IMPLEMENTASI KOMUNIKASI PEMASARAN PADA JASA PEMBIAYAAN KREDIT PEMILIKAN RUMAH PT. BANK TABUNGAN NEGARA (PERSERO), TBK CABANG JEMBER
Authors: Sasongko
Handini, Yuslinda Dwi
Anggreini, Dita Dwi
Keywords: Komunikasi Pemasaran
Jasa Pembiayaan Kredit
Issue Date: 4-Dec-2015
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi komunikasi pemasaran pada jasa pembiayaan kredit pemilikan rumah PT. Bank Tabungan Negara (Persero), Tbk Cabang Jember. Obyek dalam penelitian ini adalah PT. Bank Tabungan Negara (Persero), Tbk Cabang Jember. Informan dalam penelitian ini adalah karyawan PT. Bank Tabungan Negara (Persero), Tbk Cabang Jember dan beberapa debitur yang besedia untuk dijadikan narasumber. Jenis penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif dengan paradigma kualitatif. Alat analisis yang digunakan adalah analisis domain dan analisis taksonomi. Analisis domain yaitu alat yang digunakan untuk menganalisis gambaran-gambaran obyek penelitian secara umum sedangkan analisis taksonomi yaitu analisis terhadap keseluruhan data yang terkumpul berdasarkan domain yang telah ditetapkan. Hasil penelitian menerangkan bahwa PT. Bank Tabungan Negara (Pesero), Tbk Cabang Jember mengimplementasikan komunikasi pemasaran jasa pembiayaan kredit pemilikan rumah melalui periklanan (advertising), promosi penjualan (sales promotion), hubungan masyarakat (public relations), penjualan pribadi (personal selling), dan pemasaran langsung (direct marketing). Media periklanan yang digunakan oleh Bank Tabungan Negara Cabang Jember, yaitu surat kabar, radio, brosur, billboard, spanduk, dan banner. Bank Tabungan Negara Cabang Jember menggunakan promosi penjualan sebagai alat untuk mengahadapi persaingan jasa pembiayaan kredit pemilikan rumah yang dihadirkan oleh perbankan lain. Kegiatan hubungan masyarakat dilaksanakan oleh Bank Tabungan Negara Cabang Jember untuk menjaga citra perusahaan dan untuk ix mempromosikan serta mengingatkan masyarakat akan jasa pembiayaan kredit pemilikan rumah yang disediakan oleh Bank Tabungan Negara Cabang Jember. Bank Tabungan Negara Cabang Jember juga melaksanakan kegiatan penjualan pribadi yang diwujudkan melalui presentasi penjualan yang dilaksanakan oleh marketing officer dan consumer loan service, serta melalui kegiatan pameran perumahan atau BTN Property Expo. Kegiatan komunikasi pemasaran yang terakhir adalah melaksanakan pemasaran langsung dengan menghadirkan portal BTN properti yang berisi tentang listing perumahan dari developer yang sudah bekerjasama dengan Bank Tabungan Negara.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/66488
Appears in Collections:UT-Faculty of Social and Political Sciences

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Dita Dwi Anggraeni - 110910202025.pdf3.98 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools