Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/66313
Title: PENGARUH BRAND IMAGE DAN BRAND TRUST TERHADAP BRAND LOYALTY PADA MAHASISWA STRATA 1 FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS JEMBER PENGGUNA SMARTPHONE MEREK SAMSUNG
Authors: Suroso, Imam
Yulisetiarini, Diah
Kharis, Muhammad
Keywords: BRAND IMAGE
BRAND TRUST
Issue Date: 3-Dec-2015
Abstract: Brand loyalty merupakan satu ukuran keterkaitan seorang pelanggan pada sebuah merek. Pelanggan yang loyal merupakan asset penting bagi perusahaan, hal ini dapat dilihat dari karakteristik yang dimilikinya. Faktor-faktor yang mendorong atau memengaruhi loyalitas merek terhadap suatu produk atau jasa ada brand image dan Brand trust. Brand image atau citra merek adalah anggapan tentang merek yang direfleksikan konsumen yang berpegang pada ingatan konsumen. Citra yang baik tentang produk akan menguntungkan perusahaan karena konsumen secara tidak disadari akan merekomendasikan produk kepada orang lain. Sebaliknya citra yang buruk tentang produk akan membuat konsumen menyebarkan informasi tersebut kepada orang lain. Brand trust adalah sebagai kerelaan konsumen (menunjukan kecenderungan) untuk mengandalkan kemampuan dari merek untuk menjalankan fungsi yang dijanjikan. Brand trust adalah kecendrungan individu (kecendrungan sadar) untuk percaya pada kualitas merek atau atribut sangat penting dalam hubungan konsumer merek. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh brand image terhadap brand loyalty mahasiswa strata 1 pengguna Smartphone Merek Samsung di Fakultas Ekonomi Universitas Jember dan untuk menguji pengaruh brand trust terhadap brand loyalty mahasiswa strata 1 pengguna Smartphone Merek Samsung di Fakultas Ekonomi Universitas Jember. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Jember Fakultas Ekonomi yang menggunakan smartphone merek Samsung. Jumlah populasi mahasiswa Universitas Jember Fakultas Ekonomi yang menggunakan Smartphone Samsung tidak diketahui. Jumlah sampel akan dipecah-pecah menjadi beberapa bagian. Jumlah sample dalam penelitian ini adalah minimal 120 responden, yang diperoleh dari seluruh variabel indikator yang digunakan dikalikan dengan 10. Karena dalam kajian ini jumlah indikator dalam variabel laten seluruhnya berjumlah 12. Sampel dibagi 3 karena jumlah jurusan di Fakultas Ekonomi ada 3 yaitu Manajemen, IESP dan Akuntansi, sehingga dibagi menjadi 40 sampel. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi dengan pendekatan konfirmatori Berdasarkan analisis hasil studi dan pembahasan tentang pengaruh brand image dan brand trust terhadap brand loyalty mahasiswa strata 1 pengguna smartphone Merek Samsung di Fakultas Ekonomi Universitas Jember, maka dapat diambil beberapa kesimpulan sebagai berikut: a). brand image berpengaruh positif signifikan terhadap brand loyalty mahasiswa strata 1 pengguna smartphone Merek Samsung di Fakultas Ekonomi Universitas Jember. Dengan demikian hipotesis pertama yang menyatakan bahwa ada pengaruh signifikan antaran brand image terhadap brand loyalty mahasiswa strata 1 pengguna smartphone Merek Samsung di Fakultas Ekonomi Universitas Jember diterima. Keseluruhan persepsi brand ix image responden terhadap merek Smartphone merek Samsung terbentuk berdasarkan reputation, affinity dan domain.b). brand trust berpengaruh positif signifikan terhadap brand loyalty mahasiswa strata 1 Fakultas Ekonomi Universitas Jember pengguna smartphone Merek Samsung. Dengan demikian hipotesis ke dua yang menyatakan bahwa ada pengaruh signifikan antaran brand trust terhadap brand loyalty mahasiswa strata 1 pengguna smartphone Merek Samsung di Fakultas Ekonomi Universitas Jember diterima. Keseluruhan persepsi brand trust responden terhadap merek Smartphone merek Samsung terbentuk berdasarkan achieving result dan acting with integrity.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/66313
Appears in Collections:UT-Faculty of Economic and Business

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Muhammad Kharis - 100810201165.pdf1.6 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools