Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/66114
Title: PERAN MANAJEMEN PENGETAHUAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PEMBERIAN KREDIT PADA KSP ARTHA ANUGRAH DUKUH MENCEK SUKORAMBI JEMBER
Authors: Titisari, Purnamie
Lestariyanti, Duwi
Keywords: Manajemen Pengetahuan
Kredit
Issue Date: 3-Dec-2015
Abstract: Agar dapat mencapai visi dan misinya, suatu organisasi harus mengelola pengetahuan yang dimilikinya dengan baik agar dapat bersaing dengan organisasi yang lain. Salah satu cara tersebut adalah dengan menerapkan manajemen pengetahuan. Tidak terkecuali bagi KSP Artha Anugrah. Untuk menghadapi persaingan dan tuntutan yang semakin tinggi, organisasi ini memerlukan penerapan manajemen pengetahuan agar selalu dapat menjawab setiap tuntutan pelanggan dan dapat meningkatkan kualitas pelayanan pemberian kredit pada nasabahnya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan metode pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Penelitian ini menggunakan metode analisis data domain dan taksonomi dengan uji keabsahan data melalui cara triangulasi dengan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas KSP Artha Anugrah masih belum menerapkan manajemen pengetahuan secara penuh, namun ada beberapa yang menerapkan manajemen pengetahuan. Pengalaman setiap karyawan KSP Artha Anugrah dalam dunia kerja selanjutnya akan diberikan kepada karyawan lain yang belum mengetahui tentang pengalaman tersebut, jadi di sini terjadi transformasi pengetahuan yang merupakan bagian dari penerapan manajemen pengetahuan dalam meningkatkan kualitas pemberian kredit di KSP ini. Peran manajemen pengetahuan pada dasarnya terdiri dari empat perangkat yaitu Perangkat Manusia, Perangkat Teknis, Perangkat Organisasi, dan Perangkat Informasi. Manajemen pengetahuan yang ada di KSP Artha Anugrah berkaitan dengan pelayanan pemberian kredit. Organisasi ini membutuhkan informasiinformasi diantaranya adalah keinginan anggota dan posisi keuangan dalam target keinginan anggota. Selain itu perlu mengetahui tentang sikap dan perilaku anggota yang meminjam di KSP ini dengan menggunakan 5 C yakni, character, capacity, capital, condition, dan collateral.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/66114
Appears in Collections:UT-Faculty of Economic and Business

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Duwi Lestariyanti - 080810201122.pdf1.95 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools