Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/65547
Title: Penentuan Strategi Pemasaran Berdasarkan Analisis SWOT pada Perusahaan Jamu Tradisional UD. Dua Singa di Kecamatan Rogojampi Kabupaten Banyuwangi
Authors: Halim, Abdul
Prasodjo, Adi
Alim, Hasan Syahirul
Keywords: Strategi Pemasaran
Analisis SWOT
Issue Date: 1-Dec-2015
Abstract: Semakin ketatnya persaingan bisnis di Indonesia, khususnya yang ada di Wilayah Kabupaten Banyuwangi yaitu Perusahaan jamu. Perusahaan jamu di banyuwangi saat ini mengalami persaingan yang sangat serius dengan munculnya pesaing baru dengan kualitas yang lebih baik sesuai dengan keinginan pasar. Salah satunya perusahaan jamu UD. Dua Singa merupakan perusahaan yang masih baru di Banyuwangi berdiri sejak tahun 2010 yang pada saat ini juga mengalami persaingan yang serius dengan munculnya perusahaan jamu yang sejenis yaitu perusahaan jamu tradisional yang dapat berpengaruh pada kondisi perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk untuk menentukan strategi pemasaran berdasarkan analisis SWOT pada perusahaan jamu tradisional UD. Dua Singa di Kecamatan Rogojampi Kabupaten Banyuwangi. Penelitian ini menggunakan metode kajian tindak (action research). Populasi dalam penelitian ini adalah pihak-pihak yang paham (pemilik dan karyawan perusahaan). Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Analisis faktor-faktor internal perusahaan digunakan untuk mengetahui adanya kekuatan dan kelemahan yang terdapat pada perusahaan. Selain itu perusahaan juga harus menganalisis faktor-faktor eksternal perusahaan untuk mengetahui peluang dan ancaman. Salah satu instrumen yang dapat digunakan untuk menganalisis faktor-faktor kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dengan tujuan untuk menghasilkan strategi pemasaran yang tepat pada perusahaan adalah menggunakan analisis SWOT. Berdasarkan hasil perhitungan kedua faktor strategi internal dan eksternal akan diketahui kekuatan dan kelemahan ada pada sumbu (X) dengan nilai +3 sedangkan peluang dan ancaman berada pada sumbu (Y) dengan nilai +1. Dapat ditarik kesimpulan bahwa jamu tradisional UD. Dua Singa berada pada posisi kuadran I, yaitu posisi perusahaan yang mendukung kebijakan pertumbuhan yang viii agresif. Maka strategi yang tepat pada perusahaan jamu tradisional UD. Dua Singa di Kecamatan Rogojampi Kabupaten Banyuwangi sebagai berikut: 1. Mengembangkan produk jamu yang sudah ada dengan menambah variasi produk jamu misalnya dari segi khasiat ataupun rasa yang ditawarkan. 2. Meningkatkan pangsa pasar dengan ikut serta setiap program yang diadakan pemerintah daerah seperti pameran (bazar). 3. Meningkatkan kualitas jamu agar tidak kalah dengan produk pesaing. 4. Melakukan perluasan daerah promosi yang efektif dan tepat sasaran.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65547
Appears in Collections:UT-Faculty of Economic and Business

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
110810201233Hasan Syahirul Alim.pdf2.08 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools