Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/65475
Title: PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV B MATA PELAJARAN PKn POKOK BAHASAN GLOBALISASI DI MIMA HIDAYATUL MUBTADI’IN JEMBER
Authors: MARDIATI, Yayuk
ZAHROUL F., Chumi
AINI, Dwi Nur
Keywords: PROBLEM-BASED LEARNING (PBL)
PELAJARAN PKn
Issue Date: 1-Dec-2015
Abstract: Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan skor rata-rata aktivitas belajar siswa secara klasikal pada pra siklus yaitu dari 28.8 (kategori kurang aktif) pada siklus I menjadi 63.2 (kategori aktif). Dari siklus I, skor rata-rata aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan yaitu dari 63.2 (kategori aktif ) pada Siklus II menjadi 73.6 (kategori aktif). Skor rata-rata hasil belajar siswa pada pra siklus yaitu dari 57.28 (kategori kurang) menjadi 74.56 (baik). Pada siklus II, skor rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari sikus I yaitu dari 74.56 (kategori baik) menjadi 80.48 (kategori sangat baik). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Saran yang berkaitan dengan penerapan model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) bagi guru kelas yaitu dapat dijadikan model pembelajaran alternatif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Bagi pihak sekolah yaitu sebaiknya proses pembelajaran di kelas lebih diperhatikan dan media penunjang pembelajaran dipergunakan agar guru dapat meningkatkan mutu pendidikan. Bagi peneliti lain, perlu diadakan penelitian dan pengembangan mengenai model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara maksimal.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65475
Appears in Collections:UT-Faculty of Computer Science

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Dwi Nur Aini - 110210204037.pdf5.5 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools