Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/65361
Title: Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen Pasta Gigi Pepsodent di Wilayah Perkotaan Jember
Authors: Irawan, Bambang
Sriono
Dany, Syahrial Umar
Keywords: Kualitas Produk
Loyalitas Konsumen
Issue Date: 1-Dec-2015
Abstract: Persaingan yang semakin ketat di era sekarang hampir dalam setiap dunia usaha dan perkembangan teknologi yang berkembang begitu cepatnya, membuat persaingan menjadi semakin sulit dan membuat konsumen menjadi lebih sensitiv terhadap apa yang diberikan oleh suatu produk dikarenakan mudahnya penyerapan dan penggalian informasi. hal ini menuntut setiap perusahaan untuk selalu meningkatkan kinerja suatu produknya jika tidak ingin konsumen berpindah pada produk pesaing. Terutama berkaitan dengan kualitas produk yang merupakan aspek utama yang dipertimbangkan oleh konsumen dalam mengkonsumsi produk. Kualitas produk yang dirasakan konsumen akan menentukan persepsi konsumen terhadap kinerja produk. Kepuasan konsumen akan didapatkan apabila apa yang konsumen dapatkan dari suatu produk tersebut melebihi apa yang diharapkannya, maka konsumen tersebut akan merasa puas, selanjutnya jika konsumen telah merasa puas, maka kemungkinan konsumen menjadi loyal akan terbuka lebar. Jika loyalitas telah didapatkan, maka keberlangsungan hidup perusahaan kedepan akan semakin terjamin. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan dan loyalitas konsumen pasta gigi Pepsodent di wilayah perkotaan Jember. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen pasta gigi Pepsodent yang ada di wilayah perkotaan Jember yaitu di kecamatan Sumbersari, Kaliwates, dan Patrang. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan beberapa syarat. Sampel dalam penelitian sebanyak 150 responden. Sumber data yang digunakan penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Penelitian ini memperoleh hasil dan kesimpulan bahwa kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan dan loyalitas konsumen. Kemudian kepuasan konsumen juga berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65361
Appears in Collections:UT-Faculty of Economic and Business

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
110810201100Syahrial Umar Dany sks.pdf3.41 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools