Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/65244
Title: | Pengaruh Materi Pembelajaran Tematik Terhadap Peningkatan Kompetensi Warga Belajar Program Keaksaraan Fungsional Kelurahan Antirogo Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember |
Authors: | Hendrawijaya, A.T. Indrianti, Deditiani Tri Susilo, Eko |
Keywords: | Tematik |
Issue Date: | 1-Dec-2015 |
Abstract: | Program keaksaraan fungsional merupakan kegiatan pemberantasan buta aksara yang mengajarkan warga belajar untuk bisa membaca, menulis, berhitung dan komunikasi. Seringkali program keaksaraan fungsional dilaksanakan secara formalitas. Padahal Badan Pusat Statistik pada tahun 2010 menyatakan bahwa penyandang buta aksara di Kabupaten Jember sebanyak 346,438 jiwa. Angka tersebut menempatkan Kabupaten Jember sebagai daerah dengan jumlah penyandang buta aksara tertinggi di Indonesia. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh materi pembelajaran tematik terhadap peningkatan kompetensi warga belajar keaksaraan fungsional?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui adanya pengaruh materi pembelajaran tematik terhadap peningkatan kompetensi warga belajar Kelurahan Antirogo Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Hasil penelitian ini akan bermanfaat sebagai bahan referensi yang dapat mendukung pengembangan Program Keaksaraan Fungsional dan menambah ilmu pengetahuan tentang karya tulis ilmiah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Tempat yang digunakan adalah Program Keaksaraan Fungsional di Kelurahan Antirogo berdasarkan metode purposive sampling. Teknik penentuan responden secara simple random sampling dengan responden yang diteliti sebanyak 14 warga belajar yang diambil secara diundi. Data primer dalam penelitian ini dari hasil angket sedangkan untuk data sekunder dari observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan korelasi tata jenjang (Spearman). x Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, yang mana materi pembelajaran temaik dengan peningkatan kompetensi warga belajar hasil analisisnya diperoleh nilai sebesar 0,999 maka apabila uji signifikansi dengan harga kritik Rho Spearmen N = 14 dan interval kepercayaannya adalah 95% sebesar 0,554 ternyata rhitung > rtabel. Diperoleh juga hasil prosentase pada setiap indikator, pada pembelajaran tematik dengan kemampuan membaca pengaruh sebesar 0,986. pembelajaran tematik dengan kemampuan menulis pengaruh sebesar 0,908. pembelajaran tematik dengan kemampuan berhitung pengaruh sebesar 0,981. pembelajaran tematik dengan kemampuan komunikasi pengaruh sebesar 0,973. pengembangan tema dengan kemampuan membaca pengaruh sebesar 0,995. pengembangan tema dengan kemampuan menulis pengaruh sebesar 0,992. pengembangan tema dengan pengaruh sebesar 0,966. pengembangan tema dengan kemampuan komunikasi pengaruh sebesar 0,97. penyusunan bahan belajar tematik dengan kemampuan membaca yang memberikan pengaruh sebesar 0,928. penyusunan bahan belajar tematik dengan kemampuan menulis pengaruh sebesar 0,852. penyusunan bahan belajar tematik dengan kemampuan berhitung pengaruh sebesar 0,997 penyusunan bahan belajar tematik dengan kemampuan komunikasi pengaruh sebesar 0,901. Dari hasil analisis data, maka didapatkan kesimpulan adanya pengaruh materi pembelajaran tematik terhadap peningkatkan kompetensi warga belajar. Temuan tersebut telah dibuktikan pada materi pembelajaran tematik terhadap peningkatan kompetensi warga belajar yang hasil kontribusi tertinggi. Dalam artian adanya Pengaruh Materi Pembelajaran Tematik Terhadap Peningkatan Kompetensi Warga Belajar Keaksaraan Fungsional Kelurahan Antirogo Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Saran yang dapat diberikan peneliti bagi penyelengara maupun tutor program keaksaraan fungsional yaitu menekankan materi pembelajaran tematik dalam pembelajaran keaksaraan fungsional, agar kemampuan warga belajar bisa lebih bisa ditingkatkan lagi. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65244 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Eko Susilo - 110210201030.pdf | 3.17 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools