Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/65066
Title: Penerapan Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IVA Pokok Bahasan Energi Panas dan Bunyi Di SDN Karangrejo 02 Jember Tahun Pelajaran 2014/2015;
Authors: Nuriman
Agustiningsih
Putri, Ferdina Aristya
Keywords: Contextual Teaching and Learning (CTL)
Issue Date: 30-Nov-2015
Abstract: Penerapan metode pembelajaran merupakan salah satu faktor yang menyebabkan aktivitas dan hasil belajar siswa rendah. Metode pembelajaran yang berlangsung di SDN Karangrejo 02 Jember belum bervariasi, misalnya tidak ada pembelajaran berkelompok dan jarang menggunakan metode eksperimen. Penerapan pendekatan pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) dapat membuat siswa terlibat aktif dalam pembelajaran karena materi yang diajarkan berkaitan dengan dunia nyata siswa dan siswa mengalami sendiri dalam memperoleh pengetahuannya melalui metode eksperimen, sehingga siswa lebih mudah dalam memahami konsep dari materi yang dipelajari. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan pendekatan pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) pada siswa kelas IVA pokok bahasan energi panas dan bunyi di SDN Karangrejo 02 Jember. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IVA di SDN Karangrejo 02 Jember melalui penerapan pendekatan pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) pokok bahasan energi panas dan bunyi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Karangreo 02 Jember dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas IVA yang berjumlah 30 siswa yang terdiri atas 12 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklusnya terdiri dari dua pertemuan ix dengan menerapkan pendekatan pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa selama pembelajaran dengan menerapkan pendekatan pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) mengalami peningkatan. Persentase aktivitas siswa secara klasikal pada pra siklus sebesar 50% dengan kategori cukup aktif, mengalami peningkatan sebesar 11,65% pada siklus I. Persentase aktivitas siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 61,65% dengan kategori aktif dan pada siklus II sebesar 76,65% dengan kategori aktif. Peningkatan aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 15%. Hasil belajar siswa pada pokok bahasan energi panas dan bunyi melalui penerapan pendekatan pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) juga mengalami peningkatan. Rata-rata hasil belajar siswa pada pra siklus sebesar 62,5 mengalami peningkatan sebesar 7,13 pada siklus I. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 69,63 dan pada siklus II sebesar 70,68 sehingga peningkatannya sebesar 1,05 dengan rata-rata hasil belajar siklus 1 dan siklus II secara klasikal yaitu 70,15. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan pendekatan pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IVA pokok bahasan energi panas dan bunyi di SDN Karangrejo 02 Jember. Saran dari penelitian ini bagi guru adalah diharapkan dapat menerapkan pendekatan pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) dalam pembelajaran agar siswa membangun sendiri pengetahuannya melalui metode eksperimen, sehingga pembelajaran lebih bermakna serta dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65066
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Ferdina Aristya Putri - 110210204061.pdf4.61 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools