Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/64381
Title: Analisis Penerapan Teori Antrian Guna Meningkatkan Efisiensi Pelayanan Nasabah Di Bank Mandiri Cabang Pembantu Di Jalan Jawa Jember
Authors: Bambang Guminto, Eka
Wahyono, Hadi
Cahyo Krisbianto, Erri
Keywords: sistem antrian
penelitian tindakan
kinerja sistem pelayanan
fasilitas optimal
Issue Date: 2014
Publisher: UNEJ
Series/Report no.: ARTIKEL ILMIAH MAHASISWA;
Abstract: Artikel ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui jumlah jalur fasilitas dan kinerja pelayanan yang optimal, Populasi penelitian ini adalah keseluruhan Nasabah yang mengantri pada kasir Bank Mandiri Cabang Pembantu Jember pada jam 08.00- 10.00, jam 10.00- 12.00 dan jam 13.00- 15.00. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data dilakukan secara observasi yaitu pengumpulan data dengan mengamati secara langsung terhadap objek penelitian yang bersangkutan. Metode analisis data yang digunakan adalah menggunakan model antrian jalur berganda kemudian dilakukan analisis perbandingan dengan menggunakan data hasil observasi yang telah dilakukan. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah jumlah kasir yang optimal yang digunakan sebanyak 2 kasir untuk kondisi sepi, 3 untuk kondisi normal dan 4 untuk kondisi ramai, dari 4 kasir yang dimiliki oleh Bank Mandiri Cabang PembantuJember.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/64381
Appears in Collections:SRA-Economic and Business Article

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Erri Cahyo Krisbianto.pdf256.85 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.