Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/63952
Title: Penerapan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI Pokok Bahasan Konduktor dan Isolator di SDN 4 Alasbuluh Banyuwangi Tahun Pelajaran 2013/2014
Authors: Ananda Nisa, Rizki
Nuriman
Agustiningsih
Keywords: metode eksperimen
Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
aktivitas belajar siswa, hasil belajar siswa
Issue Date: 2013
Publisher: UNEJ
Series/Report no.: ARTIKEL ILMIAH MAHASISWA;
Abstract: Pembelajaran IPA di SDN 4 Alasbuluh Banyuwangi lebih sering menggunakan metode cceramah dan belum pernah menerapkan metode eksperimen dalam pembelajaran. Dampak dari kondisi ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa, oleh sebab itu diterapkan pembelajaran menggunakan metode eksperimen di SDN 4 Alasbuluh Banyuwangi dengan subjek berjumlah 16 siswa yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan. Metode eksperimen adalah salah satu metode yang dapat digunakan oleh guru sebagai dasar dalam melaksanakan pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan model skema yang diadaptasi dari Hopkins. Hasil observasi menunjukkan persentase rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 68,75% (kategori aktif) meningkat pada siklus II sebesar 72,50% (kategori aktif), sehingga meningkat sebesar 3,75%. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 85,81 dan pada siklus II sebesar 86,50 sehingga mengalami peningkatan sebesar 0,69. Dapat disimpulkan bahwa penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas VI pokok bahasan konduktor dan isolator di SDN 4 Alasbuluh Banyuwangi.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63952
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Rizki Ananda.pdf266.65 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.