Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/63931
Title: | Meningkatkan Kemampuan Membaca Puisi Siswa Kelas V SDN Jatiroto 01 Jember Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator and Explaining Tahun Pelajaran 2012/2013 |
Authors: | Mutiara Swastika Putri, Riska Suhartiningsih Satrijono, Hari |
Keywords: | model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining kemampuan membaca puisi |
Issue Date: | 2013 |
Publisher: | UNEJ |
Series/Report no.: | ARTIKEL ILMIAH MAHASISWA; |
Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca puisi siswa SDN Jatiroro 01 Jember melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, dokumentasi, dan wawancara. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SDN Jatiroto 01 Jember dengan jumlah 41 siswa. Hasil dari penelitian ini, dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining seluruh siswa dapat mempresentasikan ide/gagasannya dalam sesi diskusi untuk membahas aspek-aspek yang ingin dicapai dalam indikator penilaian yang telah ditetapkan, sehingga semua siswa dapat memahami aspek-aspek tersebut ketika tampil membacakan puisi di depan kelas dan indikator penilaian dapat tercapai. Hasil ketuntasan membaca puisi siswa secara klasikal dari prasiklus sampai siklus II meningkat sebesar 46%. Berdasarkan hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining terbukti dapat meningkatkan kemampuan membaca puisi siswa kelas V SDN Jatiroto 01 Jember. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63931 |
Appears in Collections: | SRA-Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Riska Mutiara.pdf | 263.22 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.