Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/63859
Title: Implementasi Metode Role Playing Pembelajaran IPS Pokok Bahasan Peristiwa Sekitar Proklamasi Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas VA SDN Ajung 03 Tahun Ajaran 2012/2013.
Authors: DESININGRUM, Linda
YULIATI, Nanik
SALEH, HM Umar
Keywords: METODE ROLE PLAYING
PTK
AKTIVITAS
HASIL BELAJAR
Issue Date: 2013
Publisher: UNEJ
Series/Report no.: Artikel Ilmiah Hasil Penelitian Mahasiswa;
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa SDN Ajung 03 melalui metode role playing dengan pokok bahasan Peristiwa Sekitar Proklamasi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, dokumentasi dan wawancara. Pengambilan data dilaksanakan mulai tanggal 22 september 2012 sampai 02 Maret 2013. Subyek penelitian adalah siswa kelas V dengan jumlah siswa 38 anak. Hasil dari penelitian ini pada aktivitas siswa secara klasikal siklus I sebesar 57,11% dan siklus II secara klasikal sebesar 69,26%. Sedangkan pada hasil belajar Siklus I yaitu 52,63% dan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu 76,31%. Berdasarkan hasil di atas dapat diketahui bahwa hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode role playing pada pembelajaran IPS terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SDN Ajung 03. Hal ini dapat dibuktikan adanya peningkatan ketuntasan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63859
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Linda Desiningrum.pdf299.75 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.