Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/63770
Title: Penerapan Model Pembelajaran Siklus Belajar (Learning Cycle)(Engagement, Exploration, Explanation, Elaboration, Evaluation) 5E Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Kelas X5 SMA N 1 Pakusari Tahun Ajaran 2013/2014
Authors: SURANRO,
Retno Sri Wulandari,
Nurul Umamah
Keywords: MODEL PEMBELAJARAN SIKLUS BELAJAR
KEAKTIFAN
HASIL BELAJAR
Issue Date: 2014
Publisher: UNEJ
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar sejarah kelas X5 di SMA N 1 Pakusari tahun ajaran 2013/2014 melalui "Penerapan model pembelajaran siklus belajar (Learning Cycle) 5E". Pelaksanaan penelitian tindakan kelas di mulai Februari sampai Maret 2014. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X5 dengan jumlah peserta didik 38 peserta didik. Indikator dalam penelitian ini adalah keaktifan dan hasil belajar sejarah. Aktivitas pertama yang diamati adalah keaktifan belajar sejarah. Pada siklus pertama nilai rata-rata aktivitas siswa adalah 72,51%, meningkat pada siklus kedua 75,41%, dan meningkat lagi pada siklus III menjadi 78,65%. Hasil belajar peserta didik pada siklus pertama nilai rata-rata hasil belajar sejarah adalah 76,31%, meningkat pada siklus kedua 78,94%, dan meningkat lagi pada siklus III menjadi 81,57%. Dari deskripsi di atas disimpulkan bahwa penerapan siklus belajar (Learning Cycle) 5E d
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63770
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Retno Sri Wulandari.pdf284.15 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.