Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/63770
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | SURANRO, | |
dc.contributor.author | Retno Sri Wulandari, | |
dc.contributor.author | Nurul Umamah | |
dc.date.accessioned | 2015-10-05T01:35:02Z | |
dc.date.available | 2015-10-05T01:35:02Z | |
dc.date.issued | 2014 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63770 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar sejarah kelas X5 di SMA N 1 Pakusari tahun ajaran 2013/2014 melalui "Penerapan model pembelajaran siklus belajar (Learning Cycle) 5E". Pelaksanaan penelitian tindakan kelas di mulai Februari sampai Maret 2014. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X5 dengan jumlah peserta didik 38 peserta didik. Indikator dalam penelitian ini adalah keaktifan dan hasil belajar sejarah. Aktivitas pertama yang diamati adalah keaktifan belajar sejarah. Pada siklus pertama nilai rata-rata aktivitas siswa adalah 72,51%, meningkat pada siklus kedua 75,41%, dan meningkat lagi pada siklus III menjadi 78,65%. Hasil belajar peserta didik pada siklus pertama nilai rata-rata hasil belajar sejarah adalah 76,31%, meningkat pada siklus kedua 78,94%, dan meningkat lagi pada siklus III menjadi 81,57%. Dari deskripsi di atas disimpulkan bahwa penerapan siklus belajar (Learning Cycle) 5E d | en_US |
dc.publisher | UNEJ | en_US |
dc.subject | MODEL PEMBELAJARAN SIKLUS BELAJAR | en_US |
dc.subject | KEAKTIFAN | en_US |
dc.subject | HASIL BELAJAR | en_US |
dc.title | Penerapan Model Pembelajaran Siklus Belajar (Learning Cycle)(Engagement, Exploration, Explanation, Elaboration, Evaluation) 5E Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Kelas X5 SMA N 1 Pakusari Tahun Ajaran 2013/2014 | en_US |
dc.type | Article | en_US |
Appears in Collections: | SRA-Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Retno Sri Wulandari.pdf | 284.15 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.