Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/63622
Title: Model Pembelajaran Inquiry Training Disertai Teknik Peta Konsep dalam Pembelajaran Fisika Di SMK Negeri 1 Panji
Authors: Lailatil Masruro
Indrawati
Alex Harijanto
Keywords: aktivitas belajar
kompetensi keterampilan
kompetensi pengetahuan
kompetensi sikap
model pembelajaran inquiry training.
Issue Date: 2015
Publisher: UNEJ
Abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran inquiry training disertai teknik peta konsep terhadap kompetensi pengetahuan, kompetensi keterampilan, dan kompetensi sikap siswa pada pembelajaran fisika di SMK Negeri 1 Panji dan mendeskripsikan aktivitas belajar siswa selama pembelajaran dengan meggunakan model pembelajaran inquiry training disertai teknik peta konsep di SMK Negeri 1 Panji. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian menggunakan post-test only control group. Hasil analisis Independent-Sample T-test untuk kompetensi pengetahuan diperoleh nilai sig 0,021. Independent-Sample T-test untuk kompetensi keterampilan diperoleh nilai sig 0,0015. Independent-Sample T-test untuk kompetensi sikap diperoleh nilai sig 0,015. Persentase aktivitas belajar siswa yaitu 77,47%. Berdasarkan data yang diperoleh, kesimpulan yang dapat diambil adalah model inquiry training berpengaruh signifikan terhadap kompetensi pengetahuan, kompetensi keterampilan, dan kompetensi sikap siswa pada pembelajaran fisika di SMK Negeri 1 Panji. Aktivitas belajar siswa selama pembelajaran dengan meggunakan model pembelajaran inquiry training disertai teknik peta konsep termasuk dalam kategori aktif.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63622
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
LAILATIL MASRURO.pdf262.72 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.