Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/63622
Title: | Model Pembelajaran Inquiry Training Disertai Teknik Peta Konsep dalam Pembelajaran Fisika Di SMK Negeri 1 Panji |
Authors: | Lailatil Masruro Indrawati Alex Harijanto |
Keywords: | aktivitas belajar kompetensi keterampilan kompetensi pengetahuan kompetensi sikap model pembelajaran inquiry training. |
Issue Date: | 2015 |
Publisher: | UNEJ |
Abstract: | Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran inquiry training disertai teknik peta konsep terhadap kompetensi pengetahuan, kompetensi keterampilan, dan kompetensi sikap siswa pada pembelajaran fisika di SMK Negeri 1 Panji dan mendeskripsikan aktivitas belajar siswa selama pembelajaran dengan meggunakan model pembelajaran inquiry training disertai teknik peta konsep di SMK Negeri 1 Panji. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian menggunakan post-test only control group. Hasil analisis Independent-Sample T-test untuk kompetensi pengetahuan diperoleh nilai sig 0,021. Independent-Sample T-test untuk kompetensi keterampilan diperoleh nilai sig 0,0015. Independent-Sample T-test untuk kompetensi sikap diperoleh nilai sig 0,015. Persentase aktivitas belajar siswa yaitu 77,47%. Berdasarkan data yang diperoleh, kesimpulan yang dapat diambil adalah model inquiry training berpengaruh signifikan terhadap kompetensi pengetahuan, kompetensi keterampilan, dan kompetensi sikap siswa pada pembelajaran fisika di SMK Negeri 1 Panji. Aktivitas belajar siswa selama pembelajaran dengan meggunakan model pembelajaran inquiry training disertai teknik peta konsep termasuk dalam kategori aktif. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63622 |
Appears in Collections: | SRA-Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
LAILATIL MASRURO.pdf | 262.72 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.