Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/63588
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | Fitriyah Ningrum | |
dc.contributor.author | AT.Hendrawijaya | |
dc.contributor.author | Deditiani Tri Indrianti | |
dc.date.accessioned | 2015-09-25T07:22:03Z | |
dc.date.available | 2015-09-25T07:22:03Z | |
dc.date.issued | 2015 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63588 | |
dc.description.abstract | Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sangat penting untuk menciptakan interaktif edukatif yang diarahkan pada perkembangan optimal seluruh potensi yang dimiliki anak usia dini melalui berbagai pemberian rangsangan dari orang dewasa dan atau lingkungan sekitar. Dalam pembelajaran diharapkan anak dapat memiliki keseimbangan akademik, sosial emosional (termasuk kemampuan interpersonal dan kemampuan intrapersonal) dan aspek fisikyang mampu mengembangkan seluruh aspek perkembangan anak, baik perkembangan agama dan moral, motorik, bahasa, kognitif, sosial emosional, dan seni dengan pemilihan dan penyusunan model dan metode pembelajaran harus disesuaikan dengan tujuan pembelajaran dan sarana belajar yang tersedia. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Adakah Hubungan Antara Model Pembelajaran Sentra dengan Perkembangan Kognitif Anak Usia 4 – 5 Tahun di Pos PAUD Catleya 62 Kabupaten Jember?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara model pembelajaran sentra dengan perkembangan kognitif anak usia 4 – 5 tahun di Pos PAUD Catleya 62 Kabupaten Jember. Manfaat dari penelitian mengembangkan model-model pembelajaran khususnya model pembelajaran sentra. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian korelasional. Sedangkan penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Dalam penelitian ini teknik sampel yang digunakan adalah sampling jenuh. Analisis data menggunakan korelasi tata jenjang.Hasil yang di dapat dalam penelitian ini diperoleh r hitung sebesar 0,969 nilai tersebut lebih besar dari r tabel yakni sebesar 0,544 untuk N=13 dengan taraf kepercayaan 95% sebesar 0,910. Oleh karena itu hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah signifikan, dalam artian hipotesis nihil (Ho) ditolak sedangkan hipotesis kerja (Ha) diterima. Saran bagi lembaga Pos PAUD Catleya 62 hendaknya dapat menambah tenaga profesional dan media pemebelajaran sentra. | en_US |
dc.publisher | UNEJ | en_US |
dc.subject | Model Pembelajaran Sentra | en_US |
dc.subject | Perkembangan Kognitif | en_US |
dc.title | HUBUNGAN ANTARA MODEL PEMBELAJARAN SENTRA DENGAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 4-5 TAHUN DI POS PAUD CATLEYA 62 KABUPATEN JEMBER TAHUN 2015 | en_US |
dc.type | Article | en_US |
Appears in Collections: | SRA-Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
FITRIYAH NINGRUM.pdf | 246.22 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.