Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/63580
Title: PENGARUH CUSTOMER INTIMACYTERHADAP LOYALITAS NASABAH BANK
Authors: Feri Anggriawan
Djoko Widodo
Titin Kartini
Keywords: Cu s to me r I n tima c y,
Lo ya lita s Na s a b a h
BRI Syar iah cabang Jember
Issue Date: 2015
Publisher: UNEJ
Abstract: Customer Intimacymerupakan strategi populer yang digunakan oleh perbankan karena strategi ini merupakan strategi yang mampu menarik dan menjaga hubungan jangka panjang dengan para nasabahnya, strategi Customer Intimacy juga yang dapat membedakan proses suatu pelayanan suatu perbankan walaupun menggunakan sistem yang sama yaitu syariat islam. Strategi Customer Intimacy yang digunakan BRI Syariah cabang Jember untuk menarik dan menjaga hubungan dalam jangka panjang agar nasabah tetap loyal dan percaya terhadap BRI Syariah cabang Jember. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi, tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui berapa besar pengaruh signifikan Customer Intimacy terhadap loyalitas nasabah BRI Syariah cabang Jember. Penentuan tempat penelitian menggunakan metode purposive areayaitu di BRI Syariah Cabang Jember. Untuk menentukan responden penelitian menggunakan metode simple random samplingyaitu sebanyak 97 responden yaitu nasabah BRI Syariah iB yang aktif dan hanya memiliki tabungan BRI Syariah iB di cabang Jember. Metode pengumpulan data yang digunakan terdiri dari metode: angket, wawancara, dan dokumen. Analisis data yang akan digunakan yaitu analisis inferensial (yang terdiri: analisis garis regresi sederhana, analisis varian garis regresi, uji F, dan efektifitas garis regresi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Costumer Intimacymemiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas nasabah BRI Syariah cabang Jember. Hasil pengolahan data dibuktikan dengan menggunakan uji F yaitu F hitung = 371,409 > F tabel = 3,941 dengan tingkat signifikan F = 0,000 < α = 0,05. dan koefisien determinasi (R square ) sebesar 79,6%. sedangkan sisanya yaitu 20,4% dipengaruhi variabel bebas lainnya yang tidak diteliti yaitu variabel produk, promosi, komitmen dan sebagainya. Diharapkan BRI Syariah cabang Jember dapat meningkatkan kualitas pelayanan customer intimacy untuk menarik dan menjaga hubungan dalam jangka panjang dan diharapkan dapat menerapkan seluruh komponen variabel customer intimacy yang meliputi indikator produk, promosi, komitmen agar nasabah tetap loyal dan percaya terhadap BRI Syariah
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63580
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
FERI ANGGRIAWAN.pdf271.23 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.