Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/63481
Title: Analisis Deskriptif Soal Ujian Nasional Matematika Tingkat Sekolah Menengah Pertama Tahun Ajaran 2012/2013 dan 2013/2014 Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi
Authors: Ahmad Anas Marzuqi
Titik Sugiarti
Toto' Bara Setiawan
Keywords: ujian nasional
ruang lingkup materi
tingkat kognitif
tingkat pengetahuan
Taksonomi Bloom
Issue Date: 2015
Publisher: UNEJ
Abstract: Ujian Nasional merupakan suatu bentuk evaluasi terhadap pencapaian kompetensi peserta didik yang diselenggarakan secara nasional pada jenjang pendidikan dasar dan menengah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persentase distribusi materi, persentase masing-masing tingkat kognitif dan tingkat pengetahuan soal Ujian Nasional Matematika SMP tahun ajaran 2012/2013 dan 2013/2014. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa soal Ujian Nasional Matematika SMP tahun ajaran 2012/2013 memuat materi gometri dan pengukuran dengan jumlah 18 (45%) butir soal, aljabar sebesar 10 (25%) butir soal, bilangan sebesar 6 (15%) butir soal, statistika dan peluang sebesar 6 (15%). Tingkat kognitif terdiri dari menerapkan (C3) sebesar 21 (52,5%) butir soal, menganalisis (C4) sebesar 12 (30%) butir soal, memahami (C2) sebanyak 4 (10%), mengevaluasi (C5) sebanyak 1 (2,5%) butir soal ,mengingat (C1) sebesar 1 (2%) butir soal, dan menciptakan (C6) 1 (2%) butir soal. Tingkat pengetahuan terdiri dari tingkat prosedural (P3) sebesar 30 (76,7%) butir soal, konseptual (P2) sebesar 7 (16,3%) butir soal, dan faktual (P1) sebesar 3 (7%) butir soal. Soal Ujian Nasional Matematika SMP 2013/2014 memiliki ruang lingkup materi bilangan sebesar 7 (15%) butir soal, aljabar sebesar 12 (25%) butir soal, geometri dan pengukuran sebesar 16 (45%) butir soal, serta statistika dan peluang sebesar 5 (15%). Tingkat kognitif mengingat (C1) sebesar 1 (2,5%), memahami (C2) sebanyak 4 (12,5%), menerapkan (C3) sebesar 22 (55%) butir soal, menganalisis (C4) sebesar 10 (25%) , dan mengevaluasi (C5) sebesar 2 (5%). Tingkat pengetahuan mencakup tingkat faktual sebesar (P1) 1 (2,5%) butir soal, konseptual (P2) sebesar 10 (25%) butir soal,  prosedural (P3) sebesar 26 (65%%) butir soal, dan metakognitif (P4) 3 (7,5%) butir soal.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63481
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
AHMAD ANAS MARZUQI.pdf286.1 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.