Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/63481
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | Ahmad Anas Marzuqi | - |
dc.contributor.author | Titik Sugiarti | - |
dc.contributor.author | Toto' Bara Setiawan | - |
dc.date.accessioned | 2015-09-17T00:54:31Z | - |
dc.date.available | 2015-09-17T00:54:31Z | - |
dc.date.issued | 2015 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63481 | - |
dc.description.abstract | Ujian Nasional merupakan suatu bentuk evaluasi terhadap pencapaian kompetensi peserta didik yang diselenggarakan secara nasional pada jenjang pendidikan dasar dan menengah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persentase distribusi materi, persentase masing-masing tingkat kognitif dan tingkat pengetahuan soal Ujian Nasional Matematika SMP tahun ajaran 2012/2013 dan 2013/2014. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa soal Ujian Nasional Matematika SMP tahun ajaran 2012/2013 memuat materi gometri dan pengukuran dengan jumlah 18 (45%) butir soal, aljabar sebesar 10 (25%) butir soal, bilangan sebesar 6 (15%) butir soal, statistika dan peluang sebesar 6 (15%). Tingkat kognitif terdiri dari menerapkan (C3) sebesar 21 (52,5%) butir soal, menganalisis (C4) sebesar 12 (30%) butir soal, memahami (C2) sebanyak 4 (10%), mengevaluasi (C5) sebanyak 1 (2,5%) butir soal ,mengingat (C1) sebesar 1 (2%) butir soal, dan menciptakan (C6) 1 (2%) butir soal. Tingkat pengetahuan terdiri dari tingkat prosedural (P3) sebesar 30 (76,7%) butir soal, konseptual (P2) sebesar 7 (16,3%) butir soal, dan faktual (P1) sebesar 3 (7%) butir soal. Soal Ujian Nasional Matematika SMP 2013/2014 memiliki ruang lingkup materi bilangan sebesar 7 (15%) butir soal, aljabar sebesar 12 (25%) butir soal, geometri dan pengukuran sebesar 16 (45%) butir soal, serta statistika dan peluang sebesar 5 (15%). Tingkat kognitif mengingat (C1) sebesar 1 (2,5%), memahami (C2) sebanyak 4 (12,5%), menerapkan (C3) sebesar 22 (55%) butir soal, menganalisis (C4) sebesar 10 (25%) , dan mengevaluasi (C5) sebesar 2 (5%). Tingkat pengetahuan mencakup tingkat faktual sebesar (P1) 1 (2,5%) butir soal, konseptual (P2) sebesar 10 (25%) butir soal, prosedural (P3) sebesar 26 (65%%) butir soal, dan metakognitif (P4) 3 (7,5%) butir soal. | en_US |
dc.publisher | UNEJ | en_US |
dc.subject | ujian nasional | en_US |
dc.subject | ruang lingkup materi | en_US |
dc.subject | tingkat kognitif | en_US |
dc.subject | tingkat pengetahuan | en_US |
dc.subject | Taksonomi Bloom | en_US |
dc.title | Analisis Deskriptif Soal Ujian Nasional Matematika Tingkat Sekolah Menengah Pertama Tahun Ajaran 2012/2013 dan 2013/2014 Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi | en_US |
dc.type | Article | en_US |
Appears in Collections: | SRA-Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
AHMAD ANAS MARZUQI.pdf | 286.1 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.