Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/63451
Title: Penerapan Metode PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SDN Jambekumbu 01 Lumajang Tahun Ajaran 2013/2014
Authors: Mochamad Yurfan Jauhari, Jauhari
Hari Satrijono
Nanik Yuliati, Yuliati
Keywords: Kemampuan membaca pemahaman
Penelitian Tindakan Kelas
Metode PQ4R
Issue Date: 2014
Publisher: UNEJ
Abstract: Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Jambekumbu 01 Lumajang dengan tujuan secara umum dalam menerapkan metode PQ4R agar dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V mata pelajaran Bahasa Indonesia di SDN Jambekumbu 01 Lumajang. Hal ini dikarenakan kemampuan membaca pemahaman siswa termasuk dalam kriteria cukup baik. Alternatif yang cukup efektif adalah melalui metode PQ4R. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus selama 2 kali pertemuan, dengan 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V dengan jumlah 24 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumen dan tes. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, penerapan metode PQ4R cukup efektif. Terbukti dalam pelaksanaan siklus 1 dan siklus 2. Siswa terlihat lebih kritis dan cepat tanggap terhadap apa yang mereka baca. Kemampuan membaca pemahaman siswa pada siklus I 70  (kriteria baik), mengalami peningkatan 11,67 pada siklus II menjadi 81,67 (kriteria sangat baik).
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63451
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
MOCHAMAD YURFAN JAUHARI.pdf265.08 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.