Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/63407
Title: | Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Pendekatan Saintifik pada Pokok Bahasan Ekologi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri Mumbulsari Jember |
Authors: | Mafidatul Ilmi, Ilmi Jekti Prihatin, Prihatin Pujiastuti |
Keywords: | MODEL PLOMP PENDEKATAN SAINTIFIK EKOLOGI HASIL BELAJAR |
Issue Date: | 2014 |
Publisher: | UNEJ |
Abstract: | Pendekatan saintifik merupakan suatu mekanisme untuk mendapatkan pengetahuan dengan prosedur yang didasarkan pada suatu metode ilmiah. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengetahui kualitas bahan ajar berbasis pendekatan saintifik pada pokok bahasan ekologi dan untuk mengetahui hasil uji coba bahan ajar berbasis pendekatan saintifik dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri Mumbulsari Jember. Bahan ajar yang dikembangkan berupa buku siswa dan buku guru. Bahan ajar ini dikembangkan berdasarkan model pengembangan Plomp. Bahan ajar yang telah dikembangkan divalidasi oleh tujuh orang validator yang terdiri dari ahli materi, ahli pengembangan, ahli bahasa, dan ahli media untuk menilai kualitas bahan ajar dan dua puluh enam siswa yang terlibat dalam uji coba bahan ajar untuk dilihat hasil belajarnya pada pokok bahasan ekologi. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) buku siswa berbasis pendekatan saintifik mendapatkan nilai rata-rata 81.63 dari seluruh validator dengan kategori sangat baik, 2) buku guru berbasis pendekatan saintifik mendapatkan nilai rata-rata 78.58 dari seluruh validator dengan kategori sangat baik, 3) hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 36.92 dengan rata-rata hasil uji normalized gain sebesar 0.59 dengan kriteria sedang. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63407 |
Appears in Collections: | SRA-Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
MAFIDATUL ILMI.pdf | 269.43 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.