Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/63343
Title: | Peningkatan Keterampilan Menulis Pengumuman dengan Teknik Peer Correction pada Siswa Kelas IV A di SDN Semboro 04 Jember Tahun Pelajaran 2013/2014 |
Authors: | Indi Meturana Kharisma Hari Satrijono Misno A. Latif |
Keywords: | keterampilan menulis pengumuman teknik peer correction |
Issue Date: | 2014 |
Publisher: | UNEJ |
Abstract: | Penelitian ini dilaksanakan pada kelas IV A SDN Semboro 04 Jember dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis pengumuman melalui penerapan teknik peer correction. Hal ini dikarenakan kemampuan menulis siswa kelas IV A masih rendah, yang salah satunya disebabkan karena kurang bervariasinya teknik pembelajaran yang diterapkan guru. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dan 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode observasi, tes, dokumentasi, dan wawancara. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV A dengan jumlah 32 siswa.. Berdasarkan hasil penelitian, ketuntasan belajar dari tahap pra siklus ke siklus I mengalami peningkatan sebesar 15,6%, sedangkan dari tahap siklus 1 ke siklus 2 mengalami peningkatan sebesar 24,2%. Berdasarkan data di atas, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan teknik peer correction dapat meningkatkan keterampilan menulis pengumuman pada siswa kelas IV A SDN Semboro 04 Jember. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63343 |
Appears in Collections: | SRA-Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
INDI METURANA KHARISMA.pdf | 265.63 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.