Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/63318
Title: Pengaruh Penggunaan Pendekatan Scientific Terhadap Hasil Belajar Pokok Bahasan Persegi dan Persegi Panjang Siswa Kelas III SDN Kandangsemangkon Paciran Lamongan
Authors: Heru Prasetiyo
Sunardi
Titik Sugiarti, Sugiarti
Keywords: pendekatan scientific
hasil belajar,
penelitian eksperimen,
persegi
persegi panjang
Issue Date: 2014
Publisher: UNEJ
Abstract: Penelitian ini dilaksanakan di kelas III SDN Kandangsemangkon Paciran Lamongan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan pendekatan scientific terhadap hasil belajar pokok bahasan persegi dan persegi panjang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen (experimental research), dengan menggunakan desain pre-test pos-test control group design. Subjek pada penelitian ini berjumlah 53 siswa yang terdiri dari kelas III-A dan III-B. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode wawancara, dokumentasi, observasi dan tes yang diadakan sebanyak dua kali yakni sebelum dan sesudah eksperimen (pre-test dan post-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa selisih nilai pre-test post-test untuk kelas eksperimen adalah 31,7. Selanjutnya di kelas kontrol, didapat bahwa selisih nilai pre-test post-test sebesar 24,8. Pada kedua kelas sama-sama mengalami perubahan, namun pada kelas eksperimen nilai siswa mengalami perubahan yang lebih signifikan dibandingkan dengan rata-rata nilai pada kelas kontrol. Dari hasil selisih kedua kelas tersebut dilakukan uji statistik independent test menggunakan program SPSS versi 21 dan diperoleh bahwa hasil t hitung > t tabel yaitu 2,240 > 2,008 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada ada pengaruh positif yang signifikan penggunaan pendekatan scientific terhadap hasil belajar siswa kelas III SDN Kandangsemangkon Paciran Lamongan.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63318
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
HERU PRASETIYO.pdf248.39 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.