Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/6328
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | Lusfia Agustin | - |
dc.date.accessioned | 2013-12-09T01:14:28Z | - |
dc.date.available | 2013-12-09T01:14:28Z | - |
dc.date.issued | 2013-12-09 | - |
dc.identifier.nim | NIM080210204082 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6328 | - |
dc.description.abstract | Penelitian ini dilaksanakan di kelas III SDN Kebonsari 02 Jember yang terdiri dari 30 siswa. Siswa dibagi menjadi 6 kelompok yang heterogen. Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Pengambilan data dilakukan mulai tanggal 12 Mei 2011 sampai dengan 25 Mei 2011 dengan subjek penelitian siswa kelas III SDN Kebonsari 02 Jember. Data yang dikumpulkan berupa penilaian aktivitas dan tes individu siswa. Pada siklus I, presentase aktivitas belajar siswa sebesar 46,67% dalam kategori cukup aktif sedangkan pada siklus II sebesar 67,08% dalam kategori aktif. Presentase hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 62,50% dan presentase ketuntasan klasikal sebesar 56,67%. Pada siklus II, hasil belajar siswa secara klasikal mencapai 73,33%, dan persentase ketuntasan klasikal sebesar 93,33% sehingga secara klasikal memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) SDN Kebonsari 02 Jember. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan aktivitas dan hasil belajar serta ketuntasan hasil belajar pada pokok bahasan uang. Peningkatan persentase aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 20,41%, sedangan peningkatan persentase hasil belajar sebesar 10,83% dan ketuntasannya sebesar 36,66%. Oleh karena itu penelitian di SDN Kebonsari 02 Jember tuntas. Beberapa saran berkaitan dengan pembelajaran IPS menggunakan metode diskusi dan media uang, sebaiknya guru terus berupaya mencari alternatif terbaik bagi siswanya dalam menyampaikan pelajaran, siswa hendaknya lebih bersemangat dan aktif dalam mencari informasi, serta menjadi masukan bagi penelitian sejenis dengan pokok bahasan yang lebih luas. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.relation.ispartofseries | 080210204082; | - |
dc.subject | Aktivitas dan Hasil Belajar IPS, Metode Diskusi, Media Uang | en_US |
dc.title | PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN UANG DENGAN METODE DISKUSI DAN MEDIA UANG PADA SISWA KELAS III SDN KEBONSARI 02 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010/2011 | en_US |
dc.type | Other | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Lusfia Agustin.pdf | 153.82 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools