Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/63265
Title: Penerapan Strategi Discovery untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil
Authors: RAMADHANTI, Geby
NURIMAN
KHUTOBAH
Keywords: STRATEGI DISCOVERY
MOTIVASI BELAJAR
HASIL BELAJAR SISWA
PESWAT SEDERHANA
Issue Date: 2014
Publisher: UNEJ
Abstract: Pembelajaran IPA di kelas V b SDN Ajung 03 masih menggunakan metode yang konvensional, yaitu suatu metode yang menititikberatkan pada guru sebagai subyek aktif dalam pembelajaran. Hal tersebut berdampak pada rendahnya motivasi siswa dan hasil belajar siswa. Menerapkan strategi pembelajaran yan efektif hakikatnya adalah upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang dapat memotivasi siswa dan memberi kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan kemampuan belajarnya secara maksimal. Strategi pembelajaran discovery dipilih sebagai solusi untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa kelas V b SDN Ajung 03 pada pembelajaran IPA pokok bahasan pesawat sederhana. Strategi discovery adalah strategi yang menititikberatkan pengalaman siswa dalam membuat generalisasi sampai siswa menyadari suatu konsep. Pada pelaksanaannya strategi discovery mempunyai tahapantahapan: (1) simulation; (2) probelm statment; (3) data collection; (4) data processing; (5) verivication; (6) generalization. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus model Kemmis dan McTaggart, strategi discovery dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63265
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
GEBY RAMADHANTI.pdf278.96 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.