Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/63173
Title: Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E dengan Metode Pemberian Tugas dan Resitasi untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika pada Pokok Bahasan Aritmetika Sosial Siswa Kelas VII A Semester Genap SMP Negeri 10 Jember Tahun Ajaran 2013/2014
Authors: Eka Cahya Lestari, Lestari
Hobri
Arika Indah Kristian, Kristian
Keywords: Model Learning Cycle 5E dengan metode pemberian tugas dan resitasi
Aritmetika Sosial
HASIL BELAJAR
Aktivitas Siswa
Issue Date: 2014
Publisher: UNEJ
Abstract: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menerapkan model Learning Cycle 5E dengan metode pemberian tugas dan resitasi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Materi dari penelitian ini adalah Aritmetika Sosial. Metode penelitian yang digunakan adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini adalah aktivitas siswa, hasil belajar siswa, dan aktivitas guru. Penelitian ini menunjukkan aktivitas siswa untuk sikap spiritual mencapai 65,28% dan untuk sikap sosial mencapai 68,55% di siklus pertama dan aktivitas siswa untuk sikap spiritual mencapai 95,14% dan untuk sikap sosial mencapai 78,25% di siklus kedua. Aktivitas guru mencapai 85,19% di siklus pertama dan 96,30% di siklus kedua, dan hasil belajar siswa mencapai 55,56% di siklus pertama dan 80,56% di siklus kedua. Sehingga dapat kita simpulkan bahwa penerapan model Learning Cycle 5E dengan metode pemberian tugas dan resitasi dapat meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63173
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
EKA CAHYA LESTARI.pdf222.67 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.