Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/63147
Title: PENERAPAN PETA KONSEP (CONCEPT MAPPING) BERBASIS RESITASI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TOPIK PERSEGIPANJANG DAN PERSEGI KELAS VII A SMP NEGERI 3 PASIRIAN TAHUN AJARAN 2013/2014
Authors: Diana Dwi K.T, Diana
Dinawati Trapsilasiwi, Dinawati
Arif Fatahillah, Arif
Keywords: aktifitas dan hasil belajar siswa
peta konsep
resitasi.
Issue Date: 2014
Publisher: UNEJ
Abstract: Pendidikan merupakan kebutuhan bagi setiap manusia. Banyak komponen yang mendukuang, antara lain: guru, siswa, kurikulum yang digunakan dan lain-lain. Guru merupakan penentu keberhasilan suatu sistem pembelajaran. Oleh karena itu guru harus memahami model, metode, setrategi, ataupun pendekatan pembelajaran. Salah satu metode pembelajaran yang dapat diterapkan adalah metode pemberian tugas dan resitasi. Kemudian untuk membangkitkan minat siswa untuk mempelajari kembali materi yang telah diperoleh adalah dengan menerapkan teknik pencatatan peta konsep. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan persentase aktifitas guru dari 90,91% menjadi 96,97% pada siklus I, 87,88% menjadi 90,91% pad siklus II. Sedangkan aktifitas siswa dari 90% pada siklus I menjadi 100% pada siklus II. Hasil belajar siswa menunjukkan peningkatan dari 54% siswa yang tuntas pada siklus I menjadi 81,8% siswa yang tuntas pada siklus II. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa penerapan peta konsep (concept mapping) berbasis resitasi dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa serta dapat digunakan sebagai alternatif metode pembelajaran dalam kelas.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63147
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
DIANA DWI KUSUMANING TYAS.pdf281.79 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.