Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/62985
Title: Penerapan Metode Role Playing untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V dalam Pembelajaran PKn Pokok Bahasan Bentuk-Bentuk Keputusan Bersama di SDN Tukum 01 Lumajang
Authors: Sinanglingtyas, Rahayu
Muchtar, Imam
Rahayu
Keywords: Metode Role Playing
Aktivitas Siswa
Hasil Belajar Siswa
Issue Date: 2013
Publisher: UNEJ
Series/Report no.: ARTIKEL ILMIAH MAHASISWA;
Abstract: Penerapan Metode Role Playing untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V dalam Pembelajaran PKn Pokok Bahasan Bentuk-Bentuk Keputusan Bersama di SDN Tukum 01 Lumajang. Secara umum masalah yang berhasil diidentifikasi dalam pembelajaran PKn di SDN Tukum 01 Lumajang yakni guru kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk terlibat aktif dalam pembelajaran. Selain itu, sebagian besar siswa menganggap PKn sepele yang tidak perlu dipelajari lebih dalam. Hal ini berdampak pada rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa. Berdasarkan analisis data nilai siswa pada prasiklus hanya terdapat 56% siswa yang mendapat nilai diatas KKM. Persentase keaktifan siswa masih rendah, yaitu hanya 52%. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Tukum 01 Lumajang yang berjumlah 46 siswa, 25 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Aktivitas belajar siswa meningkat dari 78,80% menjadi 85,65%, sedangkan hasil belajar siswa meningkat dari 76% menjadi 89%. Dapat disimpulkan, pembelajaran PKn dengan menerapkan metode Role Playing pada siswa kelas V SDN Tukum 01 Lumajang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/62985
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Rahayu Sinanglingtyas.pdf360.48 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.