Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/62768
Title: PENERAPAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA BAHASA INDONESIA KELAS V SDN PANCAKARYA 01 AJUNG JEMBER TAHUN PELAJARAN 2013-2014
Authors: Rista Pratiwi, Eka
Suhartiningsih
Yuliati, Nanik
Keywords: Model Cooperative Integrated Reading and Composition
Aktivitas Siswa
Issue Date: 2013
Publisher: UNEJ
Series/Report no.: ARTIKEL ILMIAH MAHASISWA;
Abstract: Tujuan penelitian ini ialah untuk mendiskripsikan penerapan metode Cooperative Integreted Reading And Composition (CIRC) dalam pembelajaran Bahasa Indonesia untuk meningkatkan keterampilan memahami isi wacana siswa kelas V SDN Pancakarya 01 Ajung tahun pelajran 2013-2014 dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Pancakarya 01 tahun pelajaran 2011-2012 dengan menggunakan metode Cooperative Integreted Reading And Composition (CIRC) Cooperative Integreted Reading And Composition (CIRC) tahun pelajaran 2013-2014 Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas V SDN pancakarya o1 Ajung yang terdiri dari 42 siswa. Rancangan penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data yang digunakan ialah metode dokumentasi, wawancara, observasi, dan tes. Melalui media wacana yang menarik, kemampuan siswa dalam memahami isi wacana menjadi meningkat. Hal ini terbukti dari peningkatan pada setiap siklus menunjukkan bahwa siklus I secara keseluruhan didapat persentase ketuntasan sebesar 64.3% naik sebanyak 23.8% dari prasiklus. Kemudian pada siklus II ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 76.2% naik sebanyak 11.9% dibandingkan dengan dengan siklus I.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/62768
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Eka Rista Pratiwi.pdf290.25 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.