Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/62767
Title: | PENERAPAN METODE SMART UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS WACANA ARGUMENTASI SISWA KELAS XF SMA NEGERI 3 PROBOLINGGO |
Authors: | Dwi Nurhasana, Ayun Sukatman Widjajanti, Anita |
Keywords: | metode SMART meningkatkan keterampilan menulis |
Issue Date: | 2012 |
Publisher: | UNEJ |
Series/Report no.: | ARTIKEL ILMIAH MAHASISWA; |
Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan aktivitas siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian di bidang ilmu dilaksanakan sebanyak 2 siklus yang mencakup perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas XF pada tahun akademi 2012/2013. Metode pengumpulan data yang digunakan terdiri dari: observasi, wawancara, dokumentasi, dan test. Analisa dari data yang digunakan adalah suatu analisa pada hasil karangan siswa berupa wacana argumentasi. Hasil analisis belajar setelah diterapkan metode SMART pada siswa kelas XF SMA Negeri 3 Probolinggo yaitu pada tahap prasiklus siswa yang tuntas dengan nilai ≥ 75 sebanyak 0 siswa dengan persentase ketidak tuntasan 100%. Pada siklus I hasil belajar siswa meningkat, yaitu sebanyak 20 siswa dengan presentase 63% tuntas belajar dengan nilai ≥ 75. Pada siklus II juga terjadi peningkatan yaitu siswa yang tuntas dengan nilai ≥ 75 sebanyak 28 siswa dengan persentase 88%. Jadi siswa yang tuntas belajar mengalami peningkatan dari 68% sampai 88%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode SMART dapat meningkatkan kemampuan menulis wacana argumentasi pada siswa kelas XF SMA Negeri 3 Probolinggo. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/62767 |
Appears in Collections: | SRA-Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Ayun Dwi Nurhasanah.pdf | 281.09 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.