Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/62702
Title: Pengaruh Penggunaan Pendekatan Konsep Sains dan Teknologi Terapan terhadap Hasil Belajar Mengenal Perkembangan Teknologi Produksi , Komunikasi, dan Transportasi (IPS) Siswa Kelas IV di SDN Kertosari 2 Jember
Authors: Pregiwati Marina Sari, Pregiwati
Rahayu, Rahayu,
Nanik Yuliati, Nanik
Keywords: Pendekatan konsep Sains dan Teknologi Terapan
Hasil Belajar,
Eksperimen
Issue Date:  2
Publisher: UNEJ
Abstract: Keberadaan Ilmu Pengetahuan Sosial pendidikan dasar sebagai sarana dalam mengembangkan pemahaman tentang bagaimana individu dan kelompok hidup bersama dengan lingkunganya. Dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran IPS dan kompetensinya, diperlukan suatu pendekatan pembelajaran yang memungkinkan siswa berperan secara aktif dalam proses pembelajaran, baik dalam bentuk interaksi antar siswa maupun interaksi siswa dengan guru. Dari hal tersebut digunakan pendekatan konsep Sains dan Teknologi Terapan dalam pembelajaran untuk mengetahui pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa di SDN Kertosari 2 yang didasarkan pada hasil tes (pre-test dan post-test) . Setelah dilakukan uji homogenitas dan hasilnya kemampuan antar kedua kelas sama dilakukan perhitungan uji t, Hasil perhitungan menunjukkan nilai t hitung = 4,25 dan t tabel= 2 sehingga t hitung > t tabel yaitu 4,83>2, dengan demikian hipotesis nihil (H o ) yang berbunyi tidak ada pengaruh penggunaan pendekatan konsep Sain dan Teknologi Terapan terhadap hasil belajar IPS siswa ditolak dan hipotesis kerja (H a ) yang berbunyi ada pengaruh penggunaan pendekatan konsep Sains dan Teknologi Terapan terhadap hasil belajar IPS siswa diterima.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/62702
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Pregiwati Marina.pdf294.9 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.