Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/62698
Title: Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Melalui Strategi Sustained Silent Reading (SSR) Pada Kelas iii Sdn 3 Gemaharjo Trenggalek Tahun Pembelajaran 2012/2013
Authors: Gheanurma, Ekahasta Novarina
Satrijono, Hari
Suhartiningsih
Keywords: StrategiSustained Silent Reading (SSR), membaca pemahaman, dan hasil belajar
StrategiSustained Silent Reading (SSR)
membaca pemahaman
hasil belajar
Issue Date: 2013
Publisher: UNEJ
Abstract: Tujuan umum penelitian ini adalah memperbaiki hasil belajar membaca pemahaman pada kelas III SDN 3 Gemaharjo Trenggalek. Tujuan khusus adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan penerapan strategi Sustained Silent Reading(SSR) dan meningkatkan hasil belajar membaca pemahaman melalui strategi Sustained Silent Reading (SSR). Masalah yang ditemukan dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SDN 3 Gemaharjo Trenggalek adalah membaca khususnya membaca pemahaman karena kebiasaan siswa masih membaca bersuara sehingga kurang berkonsentrasi dalam memahami isi wacana dan hasil belajar siswa masih rendah. Untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti menggunakan strategi Sustained Silent Reading(SSR) yang merupakan kegiatan membaca di dalam hati yang dibatasi waktu dan salah satu bagian dari pendekatan Whole Languasge.Setelah pelaksanaan tindakan hasil dari proses pembelajaran membaca pemahaman melalui strategi SSR adalah mengalami peningkatan yaitu ketuntasan siswa 72% pada siklus I menjadi 92% pada siklus II, sedangkan ketidaktuntasan siswa 28% pada siklus I mengalami penurunan menjadi 8% pada siklus II. Berdasarkan hasil belajar dapat disimpulkan bahwa melalui strategi SSR dapat meningkatkan hasil belajar membaca pemahaman siswa kelas III SDN 3 Gemaharjo Trenggalek.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/62698
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Gheanurma Ekahasta.pdf272 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.